Ternyata Fitur Baru Windows Ini Dapat Mempengaruhi Performa Battery

[ad_1]

Pastinet – Peningkatan dan fitur baru yang diperkenalkan oleh Microsoft melalui Windows 11 22H2 Moment 3 atau Build 22621.1778, melalui update KB5026446, telah mencuri perhatian banyak pengguna. Salah satu fitur yang menarik perhatian adalah kemampuan untuk menampilkan detik pada system tray Windows 11. Namun, perlu diingat bahwa pengaktifan opsi ini dapat berdampak pada kinerja dan daya tahan battery perangkat.

Dampak Pengaktifan Opsi Detik pada Daya Tahan Battery

Kabar yang beredar menyebutkan bahwa ketika pengguna memilih untuk menampilkan opsi detik, sistem akan mengonsumsi lebih banyak sumber daya battery. Akibatnya, performa baterai windows dapat berkurang secara signifikan dibandingkan jika fitur ini dinonaktifkan.

Dikutip dari NeoWIn, untuk menguji kebenaran kabar tersebut maka dilakukan serangkaian pengujian langsung menggunakan perangkat HP Pavilion x360 dengan skenario berikut:

1. Perangkat HP Pavilion x360 dengan spesifikasi 11th Gen Intel Core i3 dan RAM 16GB diisi daya hingga 100%.

2. Kecerahan layar diatur ke level maksimum.

3. Mode pesawat diaktifkan.

4. Kemudian, charger dilepas dan perangkat dibiarkan dalam keadaan idle hanya dengan membuka stopwatch.

5. Setelah perangkat mati, Neowin melakukan pengujian serupa dengan mengaktifkan fitur detik yang baru di Windows 11.

Berdasarkan hasil pengujian ini, terlihat bahwa terjadi penurunan performa battery sebesar 1,892% ketika fitur detik diaktifkan dibandingkan dengan fitur yang dinonaktifkan. Berikut adalah grafik perbandingan hasil pengujian tersebut.

 

Dampak yang Sama pada Windows 10

Ternyata, penurunan performa battery juga terjadi pada Windows 10 ketika fitur detik diaktifkan atau dinonaktifkan. Meskipun Windows 11 menjadi fokus utama pembahasan, perbandingan performa battery antara fitur detik yang diaktifkan dan dinonaktifkan di Windows 10 juga menunjukkan hasil serupa.

Pengaruh Pengaktifan Opsi Detik pada Performa dan Daya Tahan Battery

Penurunan performa dan daya tahan battery yang terjadi ketika opsi detik diaktifkan pada system tray mungkin disebabkan oleh konstan menampilkan detik secara signifikan, yang mengakibatkan penggunaan sumber daya battery yang lebih tinggi.

Bagi pengguna desktop, hal ini mungkin bukan masalah besar. Namun, bagi pengguna perangkat bertenaga baterai, penurunan daya tahan battery hanya karena fitur sederhana ini bisa dirasakan sebagai kekurangan yang sedikit mengganggu.

Kesimpulan

Dalam pengaturan Windows 11 22H2 Moment 3, pengguna diberikan opsi untuk menampilkan detik pada system tray. Namun, pengaktifan opsi ini dapat berdampak pada performa baterai windows perangkat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan fitur detik mengakibatkan penurunan performa battery sebesar 1,892%. Selain itu, penurunan performa yang sama juga terlihat pada Windows 10.

Bagi pengguna yang mengutamakan daya tahan baterai, sebaiknya mempertimbangkan untuk menonaktifkan fitur detik pada system tray. Hal ini akan membantu memperpanjang masa pakai baterai perangkat Anda. Meskipun fitur ini mungkin tampak sederhana, namun dampaknya pada daya tahan baterai tidak dapat diabaikan.

 

Post Views: 8

#Ternyata #Fitur #Baru #Windows #Ini #Dapat #Mempengaruhi #Performa #Battery

Source pastinet.com

Share