Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Fold4 amat dinantikan kehadirannya oleh pencinta smartphone canggih. Bagaimana tidak karena ponsel lipat dari Samsung yang satu ini meneruskan kesuksesan Galaxy Z Fold3 dengan harga banderol mencapai angka 20 jutaan!

HP Samsung

Dapatkan harga terbaik :
Shopee
Tokopedia
Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 7.6 inci Foldable Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm)
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB, 12/512 GB, 12/1 TB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 10 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 4 MP (wide), Cover 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4400 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 25.000.000 – 31.000.000

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4 dan Harganya

Nah, apakah kalian semakin penasaran dengan kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan? Yuk, simak informasi lengkapnya dalam tulisan ini.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Fold4 membawa sejumlah peningkatan yang semakin membuatnya sangat menarik perhatian. Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Z Fold4.

Bodi Premium dan Kokoh

Sejak pertama kali diperkenalkan pada Agustus lalu, Samsung Galaxy Z Fold4 sudah menggaet perhatian dari peningkatan material dan jaminan ketahanan bodinya yang kokoh. Ya, perangkat ini menggunakan material Ultra Thin Glass untuk layar utama dan Aluminium Aromor untuk frame dan engselnya.

Pada layar cover dan panel belakang, Samsung telah melapisinya dengan Corning Gorilla Glass Victus Plus. Selain itu, Samsung Galaxy Z Fold4 mengantongi sertifikasi rating IPX8 yang membuatnya bisa bertahan di kedalaman air 1.5 meter selama 30 menit.

Menggunakan Dua Panel Dynamic AMOLED 2X

Samsung berkomitmen untuk menghadirkan kualitas layar terbaik melalui ponsel flagshipnya yang satu ini. Baik layar utama maupun layar covernya sama-sama menggunakan Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120 Hz sehingga menjamin kenyamanan pengguna untuk semua tugas harian.

Layar utama Samsung Galaxy Z Fold4 menghadirkan resolusi QXGA+ dengan ukuran 7.6 inci. Ia mampu mencapai tingkat kecerahan hingga 1.200 nits disertai dukungan HDR10+. Sementara layar sampulnya mengusung resolusi HD Plus dengan rentang ukuran 6.2 inci. Samsung telah melapisi layar cover tersebut dan panel belakang perangkat ini dengan Corning Gorilla Glass Victus+ sebagai jaminan kekuatannya.

Chipset Powerful

Perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 12 ini diotaki chipset yang sama seperti Galaxy Z Flip4, yakni Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1. SoC 5G jempolan tersebut memiliki CPU 8 inti dengan kecepatan maksimum 3.2 GHz dan GPU Adreno 660 melalui proses fabrikasi 4 nanometer.

Menurut klaimnya, CPU serta GPU yang dimilikinya dapat bekerja hingga 10% lebih cepat karena Qualcomm menyertakan mesin AI pada prosesor dan teknologi rendering volumetric.

Ruang Penyimpanan Internal Hingga 1 TB

Samsung Galaxy Z Fold4 tak ingin kalah saing dari perangkat high-end mana pun dalam hal kapasitas penyimpanan. Oleh sebab itu terdapat konfigurasi unggul dengan RAM LPDDR5 hingga 8 GB dan tiga varian kapasitas internal UFS 3.1 yang mencakup pilihan 256 GB, 512 GB, hingga 1 TB.

Sensor Kamera Unggul

Kemampuan fotografi Samsung Galaxy Z Fold4 patut diacungi jempol dengan total 5 kamera yang terbagi menjadi triple kamera belakang dan dual kamera depan. Setup tiga kamera di bagian punggungnya mencakup sensor utama 50 MP dengan Dual Pixel PDAF dan OIS, kamera ultrawide 10 MP yang memiliki sudut pandang 123 derajat, serta kamera telephoto 10 MP yang sudah dilengkapi oleh kemampuan 3x optical zoom, OIS, dan PDAF.

Kombinasi kamera belakang mumpuni tersebut semakin lengkap dengan kehadiran kamera depan 10 MP yang disandingkan dengan kamera under-display 4 MP.

Mendukung Fitur S Pen

Nah, kelebihan yang satu ini sih cocok untuk kalian yang mengandalkan smartphone dalam bekerja. Fitur kecintaan para pengguna setia Samsung ini dapat membantu dalam berbagai aktivitas mulai dari menulis catatan hingga menggambar dengan mudah di atas layar.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4

Siapa bilang ponsel high-end tidak mempunyai kekurangan? Beberapa poin di bawah ini mungkin bisa jadi deal breaker kalian sebelum memilih Samsung Galaxy Z Fold4.

Kapasitas Baterai Kalah Saing

Seluruh spesifikasi unggul dari Samsung Galaxy Z Fold4 sayangnya tidak diimbangi dengan hadirnya kapasitas daya yang besar. Samsung masih menyertakan baterai 4.400 mAh pada perangkat ini yang notabene lebih cepat habis karena resolusi layar tinggi dan jaringan 5G.

Selain itu, dukungan teknologi pengisi daya pada perangkat ini pun terbilang kalah saing dengan fast charging 25W dan wireless charging 15W. Apalagi Samsung juga tidak menyertakan charger dalam paket penjualan sehingga kalian harus membelinya secara terpisah.

Bobot Lebih Dari 200 Gram

Samsung Galaxy Z Fold4 memang mengusung bodi lebih ringkas dengan dimensi 155.1 x 130.1 x 6.3 mm dibandingkan pendahahulunya. Namun ia juga mempunyai bobot hingga 263 gram yang artinya kurang nyaman digunakan dengan satu genggaman saja. Jika kalian cenderung menyukai smartphone berbodi lebar dan berat, tentu hal ini bukan masalah.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4 yang wajib kalian pertimbangkan. Perangkat ini menawarkan empat variasi warna menawan, yakni Phantom Black, Beige, Burgundy, dan Graygreen. Pilih yang mana?

, #Review #Kelebihan #dan #Kekurangan #Samsung #Galaxy #Fold4

Share