Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4

Samsung secara konsisten menghadirkan smartphone flagship yang memimpin pasar. Tahun ini telah hadir Samsung Galaxy Z Flip4 yang disebut-sebut telah diupgrade dari pendahulunya.

HP Samsung

Dapatkan harga terbaik :
Shopee
Tokopedia
Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip4
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 6.7 inci Foldable Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm)
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB, 8/512 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 3700 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 14.000.000 – 17.000.000

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip4 dan Harganya

Meski desain atau tampilannya tampak senada dengan Galaxy Z Flip3, namun jeroan Samsung Galaxy Z Flip4 dipastikan berbeda. Tak perlu panjang lebar dan semakin pensaran, simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4 berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip4

Khusus untuk kalian yang berniat meminang perangkat ini, berikut sederet kelebihan yang akan didapatkan.

Bodi Lebih Kokoh

Memang desain Samsung Galaxy Z Flip4 tampak tidak berubah dari Galaxy Z Flip3. Namun ternyata Samsung menyempurnakan rancang bodinya menjadi lebih kokoh dan nyaman digunakan. Terdapat klaim bahwa engsel yang digunakan pada perangkat iniu lebih tipis 1.2 mm dan finishing yang beraksen glossy. Alhasil, bodinya terlihat lebih kompak dan ringkas.

Samsung sendiri mengklaim bahwa ketahanan panel depan perangkat ini lebih kuat hingga 20% dan telah memberikan proteksi Gorilla Glass Victus Plus di bagian belakangnya. Terlebih Samsung Galaxy Z Flip4 mengantongi sertifikasi IPX8 yang membuatnya mampu bertahan di kedalaman air hingga 1.5 meter selama 30 menit. Sangat menarik, ya?

Kualitas Layar Mantap

Sebagai ponsel flagship lipat, Samsung Galaxy Z Flip4 tentu dipersiapkan sebaik mungkin untuk bisa bertahan di segala situasi. Layar ponsel ini pun dipastikan sudah lolos uji ketahanan lipat hingga 200.000 kali lho! Samsung masih menyematkan Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan bentang ukuran 6.7 inci Full HD Plus (1080 x 2640 piksel).

Display lapang tersebut membawa kerapatan piksel hingga 426 ppi dan rasio aspek 22:9 yang membuat segala aktivitas di atas layar semakin menyenangkan. Layar utama perangkat ini memiliki refresh rate dinamis hingga 120 Hz dan mampu menampilkan kecerahan hingga 1.200 nits.

Saat dilipat, Samsung Galaxy Z Flip4 menampilkan panel Super AMLED berukuran 1.9 inci beresolusi 260 x 512 piksel. Berbagai fitur cover screen ini sangat efisien digunakan mulai dari balas pesan menggunakan emoji hingga quick setting yang lebih beragam. Samsung sudah melapisi layar cover dengan Gorilla Glass Victus Plus dari Corning sehingga tak perlu ragu soal ketahanannya.

Performa Gesit

Tentu saja smartphone kelas atas yang satu ini diotaki chipset kencang yang memberikan performa gesit. Samsung menyematkan Snapdragon 8 Plus Gen 1 untuk mengotaki Galaxy Z Flip 4. Chipset tangguh yang satu ini memiliki CPU Octa-core dengan clock speed hingga 3.2 GHz dan GPU Adreno 730. Seluruh komponennya berjalan melalui proses fabrikasi 4 nanometer yang lebih adem dan hemat daya.

Ruang Penyimpanan Jumbo

Chipset tersebut dikombinasikan dengan kapasitas penyimpanan lega yang hadir dengan RAM tunggal 8 GB. Kendati pilihan konfigurasi penyimpanannya lebih kecil dari Galaxy Z Fold4 yang diluncurkan bersamaan tempo hari, namun tiga varian memori internalnya masih tergolong besar dengan pilihan 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Pilih yang mana nih?

Kapasitas Baterai Meningkat

Samsung Galaxy Z Flip4 mengemas daya baterai dengan kapasitas yang lebih besar dari pendahulunya. Jika Galaxy Z Flip3 menawarkan baterai 3.300 mAh saja, kali ini Samsung Galaxy Z Flip4 dibekali baterai 3.700 mAh sehingga masa pakainya pun lebih lama.

Selain itu, Samsung juga menyertakan dukungan teknologi pengisi daya yang lengkap pada perangkat ini. Kalian bisa memanfaatkan fast charging 25 Watt dengan klaim kemampuan mengisi daya full dalam waktu 1 jam saja. Tersedia pula teknologi Fast Wireless Charging 2.0 dan Wireless PowerShare.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4

Samsung Galaxy Z Flip4 memang masuk dalam jajaran perangkat flagship anyar yang dinanti-nanti kehadirannya. Namun hal ini tidak membuatnya terlepas dari kekurangan berikut ini.

Kombinasi Kamera Tidak Meningkat

Sangat disayangkan Samsung Galaxy Z Flip4 masih membawa konfigurasi yang sama dengan Galaxy Z Flip3. Konfigurasinya justru membuatnya terlihat bersaing dengan smartphone mid-range dengan dual kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 12 MP (aperture f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (aperture f/2.2). Sementara di atas cover screen-nya tersemat kamera depan beresolusi 10 MP (aperture f/2.4).

Sebagai penawar kekecewaan, kali ini Samsung menyertakan fitur baru Nightography. Dengan sensor kamera utama yang lebih besar, Samsung Galaxy Z Flip4 diklaim memiliki kemampuan fotografi 65% lebih baik di malam hari. Tertarik untuk mencobanya?

Fast Charging Kalah Saing

Alih-alih menyediakan dukungan pengisi daya cepat yang menyaingi rivalnya, Samsung Galaxy Z Flip4 justru masih menawarkan fast charging mentok hingga 25 watt saja. Apakah hal ini tidak menjadi masalah bagi kalian?

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4. Kalian bisa mendapatkan perangkat ini di berbagai retail dan e-commerce resmi Samsung dengan harga mulai dari 13 jutaan.

, #Review #Kelebihan #dan #Kekurangan #Samsung #Galaxy #Flip4

Share