Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23 5G

Samsung resmi meluncurkan Galaxy A23 5G di pasar Indonesia pada September lalu. Dengan harga banderol 3 jutaan saja, kalian sudah bisa menjajal performa ponsel 5G yang satu ini.

HP Samsung

Dapatkan harga terbaik :
Shopee
Tokopedia
Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G
  • Rilis September 2022
  • Layar 6.6 inci PLS LCD 120Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 619
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 4.000.000

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G dan Harganya

Menargetkan para kawula muda yang menyukai smartphone mumpuni sebagai daily driver, Samsung Galaxy A23 5G siap menggantikan smartphone lama kalian tahun ini.
Nah, sebelum merogoh kocek 3 jutaan untuk meminang Samsung Galaxy A04s, mari ketahui apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy A23 5G

Bukan sekadar ponsel 5G biasa, Samsung Galaxy A23 5G sudah dibekali spesifikasi yang tak kalah bagus dari rivalnya di segmen mid-range. Berikut ini uraian mengenai kelebihan Samsung Galaxy A23 5G.

Layar Full HD+ 120 Hz

Kelebihan pertama ini sudah pasti sangat menggoda. Samsung Galaxy A23 5G mengusung tampilan Full HD Plus (1080 x 2408 piksel) dari layar IPS berukuran 6.6 inci di panel depannya. Visualisasi yang dihadirkan tampak nyaman karena Samsung telah menyertakan kecerahan layar hingga 500 nits dan kerapatan piksel 400 ppi ke dalamnya.

Menariknya lagi, Samsung Galaxy A23 5G menawarkan dukungan kecepatan refresh hingga 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz sehingga konten di atas layar pun dapat berguler dengan mulus. Display yang juga mengantongi sertifikasi Widevine L1 ini sudah diberi proteksi Corning Gorilla Glass 5 sehingga aman dari goresan kecil atau retakan.

Performa Mantap

Dukungan jaringan terdepan 5G pada perangkat ini hadir berkat dapur pacunya yang ditenagai oleh Snapdragon 695 5G. Chipset besutan Qualcomm ini memiliki komponen CPU 8 inti yang terbagi menjadi 2 core Kryo 660 Gold dengan kecepatan hingga 2.2 GHz dan 6 core Kryo 660 Silver 1.7 GHz.

Selain itu, ia juga membawa pengolah grafis GPU Adreno 619 yang mampu menangani kinerja dengan lancar. Seluruh komponen chip tersebut melalui proses fabrikasi 6 nanometer yang diklaim hemat daya dan tentu saja lebih efisien.

Kapasitas Penyimpanan Lega

Samsung Galaxy A23 5G menyuguhkan kapasitas penyimpanan lega untuk menyokong kerja dapur pacunya. Kemampuan multitasking perangkat ini tidak perlu diragukan lagi mengingat Samsung menyediakan varian penyimpanan RAM besar antara 4 GB dan 6 GB.

Kapasitas RAM jumbo tersebut dipasangkan bersama memori internal antara 64 GB dan 128 GB yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget. Jika ingin menambah ruang penyimpanannya, kalian dapat memanfaatkan slot microSD pada ponsel ini.

Baterai Besar dan Fast Charging 25 W

Sejumlah fitur baru yang dihadirkan Samsung Galaxy A23 5G bisa dinikmati seharian penuh karena di balik kapnya perangkat ini mengemas daya 5.000 mAh. Diketegorikan baterai jumbo, tentu saja daya tahannya akan menambah durasi pakai ponsel sehingga cocok bagi pengguna yang memiliki kesibukan tinggi.

Untuk mengisi ulang baterai dengan cepat, Samsung membekali Galaxy A23 5G dengan dukungan teknologi fast charging hingga 25 watt. Menurut klaimnya, charger ini dapat mengisi ulang dari 0 hingga 100% dalam waktu kurang dari 2 jam.

Quad Kamera

Urusan fotografi, Samsung Galaxy A23 5G tidak bisa diremehkan. Pada punggungnya terdapat setup quad-camera dengan kamera utama beresolusi 50 MP (aperture f/1.8) yang hadir dengan autofocus dan OIS. Tiga kamera yang menemaninya terdiri dari sensor ultrawide 5 MP yang memiliki sudut pandang 120 derajat, kamera makro 2 MP, dan sensor depth 2 MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP.

Samsung menyediakan deretan fitur menarik yang mampu menciptakan hasil jepretan dan rekaman berkualitas. Kualitas video recording perangkat ini disebut-sebut dapat mencapai resolusi Full HD pada kecepatan 30 fps.

Kekurangan Samsung Galaxy A23 5G

Tidak hanya kelebihan saja, Samsung Galaxy A23 5G juga memiliki kekurangan yang harus kalian pertimbangkan kembali. Beberapa kekurangannya adalah sebagai berikut.

Speaker Mono

Persaingan segmen mid-range yang ketat membuat Samsung Galaxy A23 5G tidak tersorot dalam hal output audio karena speakernya yang belum stereo. Oleh sebab itu kualitas suaranya kurang maksimal jika dibandingkan dengan perangkat lain yang sudah dual speaker. Jika memilih perangkat ini, kalian harus puas dengan speaker mononya saja.

Durability Kalah Saing

Samsung Galaxy A23 5G tidak mengantongi sertifikasi apa pun yang seharusnya disertakan untuk menjamin ketahanan bodi. Hal ini menyebabkan durability atau daya tahannya kalah saing dibanding smartphone 3 jutaan lain yang setidaknya menawarkan sertifikasi rating IP53 atau IP54. Apakah hal ini tidak menjadi masalah bagi kalian?

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A23 5G yang wajib diketahui. Secara keseluruhan, kekurangan di atas masih bisa ditoleransi karena kelebihan Samsung Galaxy A23 5G membuatnya sangat worth it to buy terutama bagi kalian yang fokus pada sektor performa dan kamera.

, #Review #Kelebihan #dan #Kekurangan #Samsung #Galaxy #A23

Share