Review Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 6

Asus menciptakan lini ROG sebagai smartphone gaming terbaik sehingga tak heran peluncurannya selalu dinanti oleh para player. Tahun ini Asus secara resmi memboyong ROG Phone 6 bersama dengan ROG Phone 6 Pro ke pasar smartphone Indonesia dengan harga banderol mulai dari 10 jutaan.

HP Asus

Dapatkan harga terbaik :
Shopee
Tokopedia
Lazada
Spesifikasi Asus ROG Phone 6
  • Rilis September 2022
  • Layar 6.78 inci AMOLED 165Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm)
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB, 12/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 12 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 11.000.000 – 14.000.000

Selengkapnya : Spesifikasi Asus ROG Phone 6 dan Harganya

Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh ASUS ROG Phone 6? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kelebihan Asus ROG Phone 6

Reputasi baik dari ROG Phone Series milik Asus semakin naik dengan hadirnya ROG Phone 6. Bagaimana tidak karena terdapat peningkatan spesifikasi yang kuat dan jauh lebih efisien dibandingkan suksesornya. Dijamin tidak menyesal, kalian akan mendapatkan deretan kelebihan sebagai berikut.

Build Quality Solid

Sebagai perangkat kelas atas, Asus ROG Phone 6 mengusung konsep desain mewah yang terjamin soal build quality-nya. Bagian depannya sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass Victus sementara di bagian belakang Asus memberikan perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Selain itu, di semua sisi bodinya smartphone ini dijamin tahan percikan air karena mengantongi sertifikasi IPX4.

Rancang bodinya memang tampak bermutu dengan menggunakan material aluminum dan pilihan warna yang netral. Kalian bisa memilih antara variasi warna Storm White dan Phantom Black.

Layar AMOLED 165 Hz

Lagi-lagi Asus menginisiasi fitur unggulan yang sulit untuk ditolak. Bagaimana tidak karena Asus ROG Phone 6 mengusung panel AMOLED berukuran 6.78 inci yang diwarisi dari pendahulunya. Hal paling membanggakan dari layar lapang tersebut adalah hadirnya kecepatan refresh hingga 165 Hz sekaligus menjadikannya sebagai ponsel dengan refresh rate paling tinggi di industri smartphone.

Layar tajam Asus ROG Phone 6 menampilkan resolusi 2448 x 1080 piksel alias Full HD Plus. Dengan touch sampling rate hingga 720 Hz, maka lengkap sudah spesifikasi layar ideal untuk bermain game dengan menyenangkan. Bukan hanya itu saja, bahkan Asus sudah menyertakan sertifikasi HDR10+ sehingga aktivitas seperti menonton konten streaming favorit pun sangat nyaman.

Dapur Pacu Kencang

Sektor dapur pacu Asus ROG diisi oleh Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang merupakan salah satu chipset paling kencang di pasar Android. Menurut klaimnya, chipset ini memiliki kinerja CPU hingga 10% dan kerja 30% yang lebih unggul daripada pendahulunya. Agar bebas dari issue overheat, Asus memberikan dukungan AeroActive Cooling Fan dan GameCool 6 Cooling System. Fitur gamingnya yang lengkap juga membantu performa gaming yang lebih baik seperti AirTrigger 6.

Asus menyertakan dukungan RAM dan penyimpanan lapang pada ROG Phone 6 dengan RAM LPDDR5 8 GB dan 12 GB yang dipasangkan bersama memori internal UFS 3.1 sebesar 256 GB.

Baterai Jumbo

Asus ROG Phone 6 adalah salah satu ponsel terberat dengan bobot secara keseluruhan 239 gram. Beratnya tersebut tergolong bongsor disebabkan dari material dan baterai berkapasitas jumbo yang dikemasnya. Ya, perangkat ini membawa dua buah sel baterai 3.000 mAh (6.000 mAh) yang mampu menemani aktivitas seharian penuh. Kalian dapat mengisi ulang baterai besar ini dengan dukungan pengisi daya 65W yang bisa mengisi full battery kurang dari 1 jam.

Kamera Mumpuni

Meskipun Asus ROG Phone 6 menargetkan para pencinta gim, tentunya Asus tak ingin kalah saing dalam hal spesidikais kamera. Kalian dapat mengandalkan kamera 50 MP yang menggunakan sensor Sony IMX766 dengan mode utama 12.5 MP menggunakan Quad Bayer.

Ia disandingkan bersama kamera ultrawide beresolusi 13 MP yang memiliki sudut pandang 125 derajat serta kamera makro beresolusi 5 MP. Menurut klaimnya, kamera utama Asus ROG Phone 6 bisa merekam video hingga resolusi 8K pada kecepatan 24 fps.

Kekurangan Asus ROG Phone 6

Setelah membahas mengenai kelebihannya, mari ketahui beberapa poin yang menjadi kekurangan Asus ROG Phone 6 berikut.

Belum Mendukung Wireless Charging

Pada smartphone premium, sewajarnya kita dapat menemui dukungan fitur wireless charging atau pengisi daya tanpa kabel (nirkabel) yang sangat praktis. Namun sangat disayangkan Asus ROG Phone 6 tidak menyuguhkan fitur tersebut. Sebagai gantinya, Asus menghadirkan dua port charger di sisi dan bawah ponsel sehingga mudah digunakan.

Bodi Bongsor

Bagi kalian yang kurang menyukai smartphone berbobot berat, tentu saja Asus ROG Phone 6 kurang tepat dipilih sebagai daily driver. Statusnya sebagai salah satu smartphone paling berat di angka 239 gram membuat perangkat ini tidak bisa digunakan dengan nyaman hanya dengan satu genggaman saja.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 6. Terlepas dari dua kekurangan di atas, deretan kelebihan yang dibawanya sangat cocok membuat Asus ROG Phone 6 berada di list smartphone paling worth it to buy tahun ini.

, #Review #Kelebihan #dan #Kekurangan #Asus #ROG #Phone

Share