Review Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro

Asus ROG Phone 6 Pro memiliki semua elemen yang kalian butuhkan dari sebuah ponsel gaming. Asus membanderolnya dengan harga 18 jutaan dan sudah memulai Pre Order sejak akhir Oktober 2022 di Indonesia.

HP Asus

Dapatkan harga terbaik :
Shopee
Tokopedia
Lazada
Spesifikasi Asus ROG Phone 6 Pro
  • Rilis September 2022
  • Layar 6.78 inci AMOLED 165Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm)
  • GPU Adreno 730
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 18/512 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 12 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 19.000.000

Selengkapnya : Spesifikasi Asus ROG Phone 6 Pro dan Harganya

Berniat membeli smartphone gahar ini? Yuk, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Asus ROG Phone 6 Pro

Ponsel Republic of Gamers dari Asus jelas merupakan pilihan yang tepat jika kalian mengharapkan performa unggul yang powerful untuk bermain gim berat. Asus ROG Phone 6 Pro sendiri menawarkan beberapa kelebihan sebagai berikut.

Desain Premium dan Bodi Solid

Seri ROG Phone setiap tahunnya selalu mengusung estetika gamer yang terasa solid dan premium, begitu pula dengan ROG Phone 6 Pro. Selain panel depannya yang tampak sangat menarik, panel belakang pada model Pro ini membawa layar OLED ROG Vision 2 inci yang memiliki X Mode. Display perangkat ini pun disetting menyala saat mode tersebut aktif dengan logo “Dare to Play”.

Menurut klaimnya, ponsel ini telah dibekali sertifikasi rating IPX4 yang berarti bodinya tahan terhadap percikan air. Selain itu terdapat lapisan Gorilla Glass Victus di bagian depan dan Gorilla Glass 3 pada bagian belakang.

Layar AMOLED 165 Hz

Tampilan Asus ROG Phone 6 Pro tergolong sangat baik di kelasnya dengan berpanelkan AMOLED 6.78 inci. layar yang mirip dengan pendahulunya ini juga masih mengusung resolusi 1080 x 2448 piksel sehingga cocok untuk berbagai aktivitas digital. Namun bagian yang paling menarik adalah kecepatan refresh yang diklaim mencapai angka 165 Hz sehingga masuk dalam jajaran ponsel dengan kecepatan refresh tertinggi di pasar smartphone.

Tak hanya itu saja, navigasinya terasa smooth juga dikarenakan Asus menghadirkan tingkat touch sampling rate hingga 720 Hz dengan latensi sentuh 23 ms. Alhasil, responsibilitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Baterai Jumbo

Selama beberapa generasi, Asus ROG Phone sudah mempertahankan statusnya sebagai ponsel gaming berdaya jumbo. Asus ROG Phone 6 Pro dijamin sanggup diandalkan sebagai daily driver kalian dengan sepasang baterai 3.000 mAh (total 6.000 mAh). Asus memberikan dukungan pengisi daya cepat 65 Watt sehingga bisa diisi ulang dari 0 hingga 100% dalam waktu kurang dari 40 menit. Pada bagian bawah dan sisi ponsel kalian akan menemukan port USB-C yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja dengan mudah.

Kualitas Audio Mantap

Sebagai smartphone gaming, tentu tidak ada alasan bagi Asus untuk tidak membekali perangkat ini dengan kualitas audio yang ‘nendang’. Oleh sebab itu Asus ROG Phone 6 Pro menawarkan dua driver 12 x 16 mm speaker yang disetel oleh Dirac. Audionya yang mantap juga diiringi dengan EQ, jack audio 3.5 mm, Snapdragon Sound, AptX Adaptive, dan AptX Lossless. Sangat lengkap, ya?

Dapur Pacu Kencang

Kelebihan selanjutnya yang akan kalian dapatkan dari Asus ROG Phone 6 Pro adalah dapur pacu yang kencang. Ya, perangkat ini ditenagai oleh salah satu chipset paling kencang yang laris manis untuk Android flagship, yakni Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Asus mengkombinasikan performanya dengan kapasitas penyimpanan yang tidak lagi tanggung-tanggung. Tersedia RAM LPDDR5 hingga 18 GB dan penyimpanan internal cepat UFS 3.1 sebesar 512 GB. Alhasil, baik multitasking maupun game dapat dijalankan dengan gesit oleh Asus ROG Phone 6 Pro.

Kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro

Ponsel flagship pasti memiliki beberapa hal minus yang menjadi kekurangannya. Oleh sebab itu mari pertimbangkan kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro berikut ini.

Pembaruan OS Kalah Saing

Asus ROG Phone 6 Pro hadir menjalankan Android 12 dan ROG UI atau Zen UI Classic. Sayangnya, Asus hanya menyediakan jaminan dua tahun pembaruan OS dan keamanan sehingga masih kalah jauh dari para kompetitornya yang setidaknya menjamin hingga 3 tahun atau lebih pembaruan.

Setup Kamera Kurang Menarik

Asus memang tidak menargetkan pengguna yang fokus pada sektor fotografi melalui perangkat ini. Namun harus diakui bahwa Asus ROG Phone 6 Pro menyimpan kekurangan dari setup kameranya yang kurang menarik. Ponsel ini menyediakan konfigurasi tiga kamera belakang yang mencakup sensor utam Sony IMX766 beresolusi 50MP, kamera ultrawide 13MP, dan kamera makro 5MP. Sementara di bagian depan tersemat kamera selfie beresolusi 12MP saja.

Kombinasi tersebut terbilang lesu dibandingkan ponsel flagship lain yang menawarkan resolusi besar dan bahkan fitur lengkap.

Tidak Ada Wireless Charging

Bagi kalian yang ingin menjajal fitur pengisi daya lengkap harus kecewa dengan Asus ROG Phone 6 Pro. Pasalnya, meski termasuk smartphone kelas atas perangkat ini masih belum menyediakan dukungan wireless charge.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro yang wajib kalian pertimbangkan. Sudah siap menjajal performa gaharnya?

, #Review #Kelebihan #dan #Kekurangan #Asus #ROG #Phone #Pro

Share