Review Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 14

iPhone 14 melanjutkan jejak kesuksesan iPhone 13 yang sangat memikat. Meski disebut membawa peningkatan yang minimum dari pendahulunya, tentu saja deretan spesifikasinya tetap hadir dengan mumpuni.

HP iPhone

Dapatkan harga terbaik :
Shopee
Tokopedia
Lazada
Spesifikasi Apple iPhone 14
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.1 inci Super Retina XDR OLED+ HDR10 Dolby Vision
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 6/256 GB, 6/512 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 3279 mAh, Fast charging
  • Harga Rp 16.000.000 – 23.000.000

Selengkapnya : Spesifikasi Apple iPhone 14 dan Harganya

Sebelum fix memilih perangkat iOS ini sebagai daily driver kalian, mari simak kelebihan dan kekurangan yang ditawarkannya berikut ini.

Kelebihan iPhone 14

Smartphone yang satu ini adalah varian paling terjangkau dalam keluarga iPhone 14 Series. Dengan berbekal budget mulai dari 15 jutaan, Apple menawarkan kelebihan berikut ini dari iPhone 14.

Kapasitas RAM Lebih Lega

Apple berbaik hati dengan menyediakan kapasitas RAM lebih jumbo pada iPhone 14 dibandingkan dengan pendahulunya. Jika dahulu di iPhone 13 hanya tersedia ruang RAM sebesar 4 GB, kali ini iPhone 14 hadir dengan RAM 6 GB sehingga dapat menjalankan kinerja lebih optimal pula.

Harga banderol iPhone 14 disesuaikan dengan besaran memori internal yang kalian pilih. Dengan RAM 6 GB, Apple menyematkan pasangan memori internal yang variatif antara 128 GB, 256 GB, atau 512 GB.

Layar Lapang

Dari segi tampilan, memang iPhone 14 terlihat mirip dengan suksesornya, iPhone 13. Bodinya cukup solid diiringi dengan layar lapang yang menyenangkan untuk scrolling sosial media atau menonton berbagai konten favorit. Apple tetap menggunakan layar Super Retina XDR OLED berukuran 6.1 inci yang mempunyai resolusi 2532 x 1170 piksel dan kerapatan hingga 460 ppi.

Meski layar iPhone 14 reguler tidak seperti model Pro dan Pro Max yanhg membawa kecepatan refresh adaptif, namun ia tetap mengusung visualisasi kelas atas dengan rasio kontras 2.000.000:1 dan kecerahan hingga 1.200 nits.

Kamera Mumpuni

Bicara soal kemampuan sensor kamera, tentu saja iPhone 14 akan jadi pilihan banyak pengguna smartphone seperti pendahulunya. Perangkat ini mengusung total tiga kamera dengan kamera utama dan ultrawide di bagian belakang serta sistem kamera TrueDepth baru yang telah di-upgrade pada bagian depan.

Kamera utama 12 MP iPhone 14 mempunyai sensor yang lebih besar serta lensa baru dengan aperture f/1.5 yang lebih cepat. Sementara kamera sekundernya hadir dengan resolusi yang sama, 12 MP, dan menawarkan bidang pandang hingga 120 derajat. Apple telah menyematkan Photonic Engine yang membuat Neural Deep Fusion bekerja lebih optimal untuk haisl jepretan yang berkualitas.

Untuk kamera depannya iPhone 14 masih mengusung resolusi 12 MP namun dengan fokus otomatis dan aperture yang lebih besar (f/1.9). Artinya, ia dapat diandalkan untuk memotret dengan lebih baik karena memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk.

Performa Mantap

Untuk pertama kalinya model regular dari iPhone terbaru tidak dibekali dengan chipset terbaru Apple. Namun tentu saja kalian tak perlu khawatir mengenai performa karena perangkat ini tetap membawa jaminan performa yang mantap. Tahun ini iPhone 14 mengusung dapur pacu diotaki chip A15 Bionic Apple yang sama dengan pendahulunya. Menariknya, chip ini membawa peningkat kinerja sehingga lebih luwes.

Chip A15 Bionic milik Apple masih menjadi salah satu chipset smartphone paling kuat di pasaran dan dapat mengalahkan Snapdragon 8 Plus Gen 1 dari Qualcomm. Chip A15 Bionic membawa dua core kinerja yang berjalan pada kecepatan 3.23 GHz dan empat core efisiensi pada kecepatan 1.82 GHz.

Menurut klaimnya, chipset ini memiliki GPU 5-core dengan kinerja yang lebih cepat dari pendahulunya hingga 18%. Apalagi ia juga disokong RAM yang lebih besar sehingga tak perlu ragu soal performa.

Kekurangan iPhone 14

Meskipun tampak sangat menggiurkan, jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa kekurangan iPhone 14 berikut ini.

Kapasitas Baterai dan Fast Charging Kalah Saing

iPhone 14 mengemas baterai berkapasitas 3.279 mAh yang hanya meningkat sedikit dari pendahulunya. Alhasil, Apple hanya menjanjikan satu jam daya tahan ekstra dari iPhone 13. Tentu saja ketahanan daya baterai ini kalah saing dari para kompetitornya di kelas flagship yang hadir dengan baterai super awet dan tahan lama.

Selain itu, Apple juga tidak meningkatkan kecepatan pengisi daya pada iPhone 14. Ponsel ini mendukung pengisi daya USB 20W, MagSafe 15W, dan pengisi daya wireless Qi 7.5W. Kalian juga harus menggunakan kabel Lightning milik sendiri sehingga sangat tidak efisien.

Refresh Rate Standar 60 Hz

Sekali lagi, keputusan Apple untuk menyuguhkan kecepatan refresh 60 Hz pada smartphone anyar tentu menimbulkan reaksi yang mengecewakan. Pasalnya, di rentang harga di atas 10 jutaan, para pesaingnya sudah berani menawarkan kecepatan refresh tinggi bahkan hingga 144Hz.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 14 yang wajib kalian ketahui. Dibandingkan dengan iPhone 13, memang hanya sedikit peningkatan yang dibawa oleh smartphone yang satu ini. Apakah kalian sudah yakin memilihnya sebagai daily driver?

, #Review #Kelebihan #dan #Kekurangan #Apple #iPhone

Share