Review Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 14 Plus

Tahun ini Apple tidak merilis model iPhone Mini dalam jajaran iPhone 14. Sebagai gantinya, tersedia iPhone 14 Plus yang secara praktis menawarkan paket smartphone pas baik itu dari segi spesifikasi maupun peningkatan yang dibawa dari pendahulunya.

HP iPhone

Dapatkan harga terbaik :
Shopee
Tokopedia
Lazada
Spesifikasi Apple iPhone 14 Plus
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.7 inci Super Retina XDR OLED HDR10 Dolby Vision
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 6/256 GB, 6/512 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 4323 mAh, Fast charging
  • Harga Rp 18.000.000 – 25.000.000

Selengkapnya : Spesifikasi Apple iPhone 14 Plus dan Harganya

Sebelum memilihnya sebagai ponsel terbaru kalian, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan iPhone 14 Plus

Di Indonesia, iPhone 14 Plus dibanderol dengan harga mulai dari 17 jutaan. Dari rentang harga yang relatif pricey tersebut, kalian akan mendapatkan beberapa kelebihannya berikut ini.

Layar Lapang

Dari segi display, perangkat ini sangat menarik karena menawarkan ukuran layar yang sama dengan iPhone 14 Pro Max, yakni 6.7 inci. Panel Super Retina XDR OLED dengan resolusi 2778 x 1284 piksel ini disebut cerah dan kaya warna sehingga tak perlu ragu soal kualitasnya meskipun tidak membawa refresh rate tinggi seperti varian Pro dan Pro Max.

Apple membekali layar iPhone 14 Plus dengan dukungan rentang dinamis tinggi (HDR) dan True Tone Apple yang nyaman digunakan karena dapat menyesuaikan tingkat blue light tergantung dari pencahayaan di sekitar.

Sensor Kamera Jempolan

Salah satu hal yang banyak dicari oleh pengguna iPhone adalah kemampuan baik dari sensor kameranya. Tak terkecuali pada iPhone 14 Plus, kalian akan disuguhkan dengan dual kamera belakang 12 MP untuk kamera utama dan sensor ultrawide. Sementara di bagian depan smartphone ini memiliki resolusi yang sama dengan saudaranya, yakni 12 MP.

Jangan dulu kecewa mengenai resolusi kamera utama yang masih sama dengan iPhone 13. Pasalnya, Apple telah meningkatkan sensor yang lebih besar pada kamera utama hingga 1.9 mikrometer dan aperture f/1.7 yang lebih cepat. Alhasil, kinerja potretnya tentu saja lebih baik meski digunakan di saat minim cahaya.

Menurut klaimnya, kamera iPhone 14 Plus membanggakan kemampuan video recording hingga resolusi 4K pada kecepatan 60 frame per detik dan menawarkan fitur baru yang disebut dengan Action Mode. Fitur ini cocok bagi para konten kreator yang menginginkan hasil video super mulus meski banyak gerakan saat merekam video. Menarik bukan?

Baterai Awet dan Tahan Lama

Baterai iPhone 14 Plus memang disebut sangat awet dengan masa pakai terbaik daripada pendahulunya. Dengan kapasitas 4.323 mAh, iPhone 14 Plus dapat menemani aktivitas kalian seharian penuh dengan penggunaan sedang.

Kinerja Gesit

Uniknya Apple hanya menyematkan chip A16 Bionic ke iPhone 14 Pro dan Pro Max dalam seri ini. Sementara untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus harus cukup puas dengan chip A15 Bionic yang juga ditemukan pada iPhone 13. Tentu saja versi GPU-nya telah diperbarui sehingga kinerja gesit pun tetap akan kalian dapatkan.

Chipset A15 membawa inti GPU tambahan yang diklaim menyediakan pengolahan grafis hingga 18% lebih cepat. Artinya, kerja ponsel ini tidak perlu diragukan untuk multitasking maupun bermain game. Apalagi Apple mengkombinasikan dapur pacunya bersama kapasitas lapang dari RAM 6GB dan memori internal 128GB/256GB/512GB.

Jaminan Pembaruan Software

Terlepas dari kemiripan dapur pacunya dengan iPhone 13, Apple tetap membuat iPhone 14 Plus terasa fresh dengan menyuguhkan iOS 16. Oleh sebab itu tak heran iPhone 14 Plus memiliki feel seperti smartphone baru yang tidak monoton. Selain tampilan, beberapa fitur unggulan seperti Face ID, AirDrop untuk cadangan file antara iPhone, iPad, dan Mac, serta berbagai future lainnya dapat diandalkan secara optimal.

Apple memungkinkan penggunanya untuk melalukan update iOS selama 5 tahun pembaruan sehingga cocok bagi kalian yang menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama.

Kekurangan iPhone 14 Plus

Smartphone ini memang ditujukan bagi kalian yang ingin mendapatkan iPhone berlayar lapang dengan harga lebih terjangkau. Namun ada baiknya pertimbangkan beberapa kekurangan iPhone 14 Plus di bawah ini.

Belum Menggunakan Layar ProMotion

Ya, meski layar iPhone 14 Plus sama lapangnya dengan model Pro Max, sangat disayangkan ia tidak membawa layar ProMotion 120 Hz sehingga kalian hanya bisa menikmati kecepatan refresh sebatas 60 Hz saja. Bagi beberapa pengguna yang telah terbiasa dengan navigasi smooth di layar ponsel mungkin akan sedikit keberatan dengan salah satu kelemahan iPhone 14 Plus ini.

Pengisi Daya Relatif Lambat

Untuk mengisi daya melalui port Lightning di bagian bawah ponsel, iPhone 14 masih mengusung teknologi yang sama dengan iPhone 13, yakni pengisi daya maksimum 20 watt. Ia akan mengisi ulang full battery dalam waktu kurang lebih 1 jam. Tidak ada peningkatan karena ia juga masih didukung oleh MagSafe 15W dan pengisi nirkabel Qi 7.5W.

Itulah kelebihan dan kekurangan yang wajib kalian ketahui mengenai iPhone 14 Plus. Overall, ponsel yang satu ini worth it to buy jika kalian menginginkan iPhone berlayar lebar yang ramah di kantong.

, #Review #Kelebihan #dan #Kekurangan #Apple #iPhone

Share