Perbedaan Oli Enduro Racing 4T Asli dan Palsu

Pemakian oli juga tidak boleh asal-asalan, pastikan pelumas yang kamu pakai sesuai spesifikasi mesin kendaraan. Yang tak kalah penting adalah kehati-hatian dalam memilih oli, pasalnya saat ini marak beredar oli palsu yang meresahkan masayarakat. Penggunaan oli palsu tentu dapat mengurangi performa mesin, parahnya dapat menimbulkan kerusakan pada komponen didalamnya.

Oli-oli palsu ini terjual bebas dipasaran dan sulit dibedakan dengan yang asli, secara dari segi kemasan terlihat sama persis. Salah satu oli yang kerap dipalsukan adalah Pertamina Enduro Racing 4T, banyaknya peminat pelumas racing ini menjadi ladang bisnis oknom yang tidak bertanggung jawab.

Perbedaan oli enduro racing 4T asli dan palsu

Ciri khas oli Enduro ini adalah baunya yang wangi seperti permen karet. Jadi saat motor menggunakan oli ini akan mengeluarkan bau wangi dari lubang knalpot, bahkan baunya sampai tercium pengendara lainya. Kelebihan lainya adalah mampu melindungi mesin tetap setabil pada tempertaur rendah dan tinggi serta tidak menyebabkan slip pada kopling.

Namun sayangnya adalah Enduro Racing ini merupakan salah sati oli yang banyak dipalsukan. Nah agar tidak keliru saat memilih berikut adalah perbedaanya :

1. Botol kemasan

Perbedaan pertama yang patut kita cek adalah pada botol kemasanya. Oli yang palsu jelas dikemas pada botol bekas yang dicuci ulang, sehingga jika menemukan botol kemasan yang sudah rusak seperti ada bekas lecet seperti botol bekas maka patut kamu curigai.

Beda dengan oli asli yang memproduksi kemasan sendiri setiap hari, sehingga botol kemasanya selalu baru, bersih dan mulus.

2. Label atau stiker kemasan

Perbedaan kedua yang bisa kita cek adalah pada label atau stiker kemasan yang menempel pada bodol. Oli enduro racing yang asli label/stiker menempel dengan rapi, presisi tidak miring dan stiker mudah dilepas. Sementara saat stiker dilepas terdapat logo pertamina tercetak rapi.

Sementara oli Enduro Racing yang palsu pemasangan stiker cenderung kurang rapi bahkan ada yang miring dan cenderung lebih kuat menempel. Sementara saat dilepas logo pertamina kurang jelas, ini berlaku untuk semua jenis oli Enduro yang dipalsukan.

3. Cek ujung botol kemasan

Perbedaan selanjutnya bisa kita lihat dari ujung botol kemasan dimana terdapat kode produksi yang tercepat pada botol dan tutup kemasan. Jika oli Enduro tersebut asli maka letak kode produksi tersebut sejajar antara botol dan tutup kemasan.

Sementara oli Enduro Racing 4T yang palsu posisi kode produksi tidak sejajar antara botol dan tutup kemasan. Jika ciri-ciri ini anda temukan ada baiknya tidak membeli oli tersebut.

4. Perbedaan warna oli

Perbedaan oli Enduro Racing 4T asli dan palsu berikutnya bisa kita ketahui dengan melihat warna oli tersebut. 

Warna oli Enduro Racing yang asli berwarna kuning ke emasan dan mengeluarkan bau wangi yang khas seperti permen karet. Sementara yang palsu warnanya cenderung kuning kehitaman dan mengeluarkan aroma gosong seperti oli bekas.

5. Perbedaan harga

Jika harga oli enduro racing yang kamu beli cenderung lebih murah patut anda curigai. Oli palsu tentu dijual lebih murah dari yang asli, ini merupakan strategi marketing agar oli KW laku dipasaran. 

Nah temen-temen demikianlah beberapa perbedaan oli Enduro Racing 4T asli dan palsu yang perlu kamu ketahui. Karena pelumas KW ini memberi dampak buruk pada mesin dikemudahan hari, maka lebih jelilah saat memilih.

, #Perbedaan #Oli #Enduro #Racing #Asli #dan #Palsu

Share