Perbandingan dan Cara Mencampur Cat Mobil Agar Mengkilap

Perbandingan dan cara mencampur cat mobil agar mengkilap – Hallo dulur… Untuk menghasilkan pengecatan yang awet dan mengkilap bukanlah perkara kambang. Selain dari aplikatornya penggunaan bahan disini juga menjadi penentu hasil pengecatan nanti, jadi pastikan bahan yang kamu pakai baik untuk clear coat, cat atau thinner berkualitas agar tidak cepat pudar dalam waktu dekat.

Bahan-bahan untuk mengecat sendiri dibedakan menjadi dua tipe yakni NC Nitrochelulosa (bisa) dan PU Polyurethane. Dari kedua jenis bahan cat tersebut yang diunggulkan adalah Polyurethane cat premium yang berkualitas tinggi standar Eropa.

Selain biayanya yang mahal proses pengecatan mobil butuh waktu yang cukup lama, untuk full body bisa 2 bulan lebih. Biaya yang mahal inilah menjadi alasan banyak pemilik mobil yang mencoba mengecat mobil sendiri dirumah. Selain lebih murah dengan mengecatnya sendiri tentu menghasilkan cat mobil sesuai dengaan ekspetasi kamu daripada cat dibengkel yang mana sering terjadi miss kominikasi antara kamu dan pemilik bengkel tentang cat mobil yang kamu inginkan.

Persiapan mengecat mobil sendiri 

Cara mengecat mobil yang benar adalah dengan mempersiapkan segala persiapan sedetail dan selengkap mungkin.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikaan adalah mempersiapkan ruangan untuk mengecat. Disrankan saat mengecat mobil dilakukan di ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yang bagus. Jika tidak ada ruang tertutup, ruang terbuka juga tidak masalah yang penting ada atapnya untuk menghindari air hujan.

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengecat mobil

Setelah menentukan lokasi, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan untuk mengecat mobil. Seperti spray gun F75 tabung atas, mesin kompresor dan peralatan untuk mempoles yang dipakai setelah proses pengecatan selesai.

Perbandingan dan cara mencampur cat mobil agar mengkilap

Yang tak kalah penting dari serangkain proses pengecat mobil adalah mengetahui bagaimana cara mencampur cat mobil agar halus dan mengkilap. Tak sedikit yang mengabaikan dari perbandingan cat dengan thinner ini, sehingga hasil catnya cenderung kasar, bertekstur kulit jeruk dan tidak bisa mengkilap.

Lantas bagaimana cara mencampur cat mobil yang benar ? Untuk menghasilkan pengecatan yang mengkilap gunakan perbandingan 1:3 cat:thinner kemudian aduk hingga keduanya tercampur dan menyatu. Nah, sebelum diaplikasikan saring cat yang sudah tercampur thiner dengan kain bersih sehingga saat disemprotkan akan menghasilkan lapisan yang halus.

Namun perbandingan 1:3 ini tidak bisa langsung kamu jadikan patokan ya sob, pasalnya setiap merk cat memiliki tingkat kekentalan yang berbeda. Jadi perbandinganya perlu dikira-kira tidak terlalu encer atau terlalu kental. Temen-temen bisa memanfaatkan botol air bekas untuk proses pencampuran catnya, tidak disarankan mencampurnya langsung ditabung spray gun karena bisa menyebabkan sumbatan.

Campuran cat yang terlalu kental justru menghasilkan pengecatan yang cenderung kasar dengan tekstur seperti kulit jeruk. Sementara jika terlalu encer cat justru lama nutup dan rawan meleleh, begitupun juga untuk clear coatnya. Dan pastikan proses pengecatan dilakukan saat kondisi panas.

Jenis thinner yang bagus untuk campuran cat mobil dan motor

Untuk menghasilkan cat yang halus dan mengkilap dibutuhkan pengunaan thinner yang sesuai, untuk campuran cat mobil jenis metalik pastikan thinner yang kamu gunakan adalah thinner PU/bakar agar pengecatan nanti tidak blorok khususnya pada warna silver metalic. 

Sementara untuk tipe cat solid kamu bisa menggunakan dua jenis thiner ya sob, bisa pakai thinner super/HG atau pakai tiner PU/balar juga bisa. 

Pastikan thiner yang kamu pakai kemasan bermerk yang menjamin kualitasnya, tidak disarankan menggunakan thinner eceran kemasan drum besar yang tidak ada labelnya.

Nah demikianlah artikel dari perbandingan dan cara mencampur cat mobil agar mengkilap yang bisa temen-temen pelajari. Kunci dari proses pengecatan adalah kelincahan dalam memegang spray gun serta kualitas bahan yang digunakan. Sekian, semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

, #Perbandingan #dan #Cara #Mencampur #Cat #Mobil #Agar #Mengkilap

Share