Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan

Sama halnya dengan komponen lain sistem pendingin AC juga tak lepas dari masalah. Kerusakan yang kerap terjadi adalah udara yang keluar tidak dingin hanya keluar, kebocoran pada evaporator atau kompresor tidak bekerja dengan baik. 

Gejala mesin mobil yang bergetar saat AC dinyalakan menandakan terjadinya kerusakan pada sistem idle up, biasanya terjadi saat RMP rendah atau saat gas dilepas. Sehingga untuk mengatasinya tak sedikit pengendara yang menahan gas agar mesin tidak mati.

Fungsi idle up AC mobil adalah menaikan atau menambahkan putaran pada memsin mobil ketika beban listirk maupun mesin mengalami kenaikan. Berfungsinya idel up pada mobil akan mencegah mesin tiba-tiba mati mendadak ketika menambahkan beban listrik khususnya saat AC posisi nyala. Idle up juga mendukung performa AC agar bekerja maksimal mendinginkan ruang kabin.

3 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan

1. Kerusakan pada idle up AC

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi penyebab pertama mesin mobil bergetar saat AC nyala adalah terjadi kerusakan pada idle up AC. Namun saat AC dimatikan mesin tidak lagi bergetar, jadi agar berkendara terasa lebih nyaman masalah ini agar segera diatasi.

Perilah masalah pada komponen idle up AC, mesin mobil yang bergetar saat AC dinyalakan ternyata tidak membuat ruang interior menjadi dingin. Beban mesin yang bertambah saat RPM rendah membuat kinerjanya menjadi tambah berat. Sehingga kinerja kompresor untuk memompe Freon menajdi kurang maksimal.

Masalah pada sistem idle up sebenarnya masih bisa diatas dengan cepat dengan mematikan AC. Namun hal ini akan membuat ruang mobil terasa panas. Sehingga agar AC berjalan secara normal kamu bisa mengganti idle up tersebut dengan yang baru dan lakukan penyetelan ulang. Jika tahu menyetingnya kamu bisa membawanya ke bengkel terdepat.

2. Bearing AC mobil bermasalah

Penyebab selanjutnya bisa terjadi karena masalah pada bearing AC. Kerusakan pada bearing  atau pully membuat putaran kompresor menjadi terhambat. Saat ada proses tersendat inilah yang membuat muncul getaran pada mesin.

Jika masalah ini terjadi sebaiaknyya kamu bisa segara melakukan perbaikan, jika dibiarkan terus menerus justru membuat timing belt rusak. Akhirnya kerusakan yang mucul justru tambah banyak.

3. Sistem AC mobil buntu

Mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan juga bisa disebabkan karena sistem AC mobil buntu. Kasus saluran AC mobil yang buntu ini biasanya disebabkan oleh adanya frosting pada saluran ac mobil. Frosting adalah pembekuan Freon yang menyebabkan aliran Freon terhambat.

Sistem Freon ac mobil sebetunya sama dengan pendingin ruangan dalam rumah. Perlu sekali aliran udara yang baik dalam sistem pending udara ini. Itulah mengapa kondensor AC rumah salalu berada di luar ruangan. Dengan posisi ini aliran udara akan lebih cepat bersirkulasi. Jika aliranya sudah terhambat, tinggal menunggu wwaktu saja sampai mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan.

4. Jumlah Freon terlalu banyak

Saat Freon berkurang atau habis AC mobil akan kurang dingin bahkan tidak dingin. Namun saat Freon diisi terlalu banyak maka kompresor akan bergetar. Getaran kompresor inilah yang terasa sehingga menyebabkan mesin ikut bergetar.

Nah temen-temen demikianlah 4 penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan yang bisa kamu cek satu persatu. Untuk mendapatkan rasa nyaman dan aman berkendara pastikan kamu rutin merawatnya dan mengganti komponen yang sudah tidak berfungsi.

, #Penyebab #Mesin #Mobil #Bergetar #Saat #Dinyalakan

Share