Penyabab Aki Mobil Tidak Mengisi dan Tekor

Penyebab aki mobil tidak mengisi dan tekor – Harganya yang lebih murah mobil bekas masih menjadi incaran baik untuk jenis sedan, city car atau minibus. Meski bekas jika jeli dan sabar memilih bukan tidak mungkin mendapat mobil kondisi normal siap pakai.  

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas adalah memastikan jika unit tersebut tidak bekas laka/tabrakan, dokumen-dokumen lengkap sesuai no rangka, no mesin dan pastikan kendaraan terdaftar dikantor samsat. Sementara untuk mesin pastikan suaranya halus dan pendingin mesin bekerja dengan baik.

Sistem kelistrika juga tak kalah penting untuk dicat terutama kondisi aki. Fungsi aki tentu sangat penting bagi mobil dimana berfungai menyuplay arus listrik untuk menyalakan semua komponen mobil dan menyimpan listrik untuk menyalakan mesin pertama kali.

Penyebab aki mobil tidak mengisi dan tekor

Penyebab aki tekor

Penyebab aki tekor pada mobil salah satu faktor kuat yang menyebabkan aku kering dan basah cepat soak adalah mobil jarang digunakan.

Jika tidak pernah dipakai mesin mobil tidak akan panas, secara otomatis aki tidak mendapatkan suplay arus listrik yang cukup dari dinamo amper. Akibatnya kapasitas kinerja aki kurang maksimal saat menyalakan mesin.

Ada baiknya jika mobil lama tidak digunakan untuk melepas aki atau cukup mencopot kabel (+-) agar arus listrik yang tersimpan di aki tidak terserpat di mobil.

Penyebab aki mobil tidak mengisi

Jika diulas lebih dalam ada beberapa faktor penyebab aki mobil tidak dapat mengisi atau menyimpan setrum meski mobil sudah menyala dan berjalan beberapa kilometer sekalipun. Nah untuk lebih jelasnya dibawah ini kami akan menjelaskan penyebab aki tidak mengisi dan cara mengatasinya.

1. Dinamo ampere rusak (alternator)

Masalah pertama yang kerap menjadikan aki mobil tidak mengisi adalah kerusakan pada dinamo amper yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau sudah rusak. 

Padahal jika dilihat dari fungsinya dinamo ampere memiliki fungsi yang sangat penting pada sistem kelistrika mobil. Pasalnya saat mobil berjalan secara otomatis komponen ini akan bekerja melakukan pengisian daya ke aki. Namun jika sudah tidak berfungsi dengan baik dan tidak bisa menyuplai arus ke aki secara otomatis tegangan yang ada pada aki akan terkuras habis yang menyebabkan aki soak.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru…Mana Yang Unggul

Adapun salah satu masalah yang kerap terjadi pada dinamo ampere atau alternator yang kerap terjadi adalah pada bagian carbon brush. Dimana bagian tersebut rusak atau aus seiring dengan lamanya pemakian, sehingga membuat arus pengisian aki terhambat. Komponen lain yang kerap rusak pada alternator bisa terjadi pada bagian IC regulator.

Ciri-ciri dinamo ampere rusak

Untuk mengatahu lebih jelas kondisi dinamo alternator rusak atau tidak, dibawah ini merupakan ciri-ciri yang bisa kamu pelajari untuk mengatahuin kondisi dinamo amper yang rusak.

  • Saat mobil berjalan dan dipaju pada kecepatan tertentu, biasanya mesin mobil akan mogok dan tidak bisa dihidupkan kembali sebelum aki di charger ulang atau di jumper dengan aki mobil lain yang normal.
  • Kondisi aki yang masih sehat bisa buktikan dengan melihat indikator air aki yang masih berwarna kehijauan.

Diatas merupakan ciri-ciri dinamo ampere yang mulai rusak yang menyebabkan aki mobil tidak mengisi. Untuk mengatasi masalah ini kamu perlu mengganti brus atau areng alternator yang telah aus. Jika aki masih tidak mengisi maka bisa dipastikan jika aki mobil kamu sudah soak karna lama pemakian.

2. Sambungan kabel dinamo ampere dan aki bermasalah

Penyebab aki mobil tidak mengisi selanjutnya bisa disebabkan karena sambungan kabel antara alternator atau dinamo ampere dan aki terjadi masalah. Permasalahan ini kerap ditemui pada mobil yang terlah berumur, namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada mobil baru sekalipun.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Pasalnya sambungan atau soker yang ada pada bagian ini bisa dibilang cukup vital, maka bila terjadi masalah seperti kuranag kencang atau bahkan ada karat yang menempel sehingga menggangu proses pengisian daya aki.

3. Kandungan air aki tidak mengandung elektrolit


Pada prinsipnya kinerja aki atau accu mobil membutuhkan air aki mobil yang berisi kandungan larutan plat bb dan asam sulfat. Saat aki bekerja menyuplai arus listrik, maka larutan asam sulfat akan terpecah.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Sementara jika kondisi aki tengah mengisi atau di charger dinamo ampere, maka larutan asam sulfat akan terbentuk kembali sehingg daya pada aki akan terisi kembali. Dan pada tahapan tersebutlah waktu yang menentukan masih layak pakai atau air aki harus diganti.

Jadi tidak hanya karena dinamo ampere, penyebab aki mobil tidak mengiai juga bisa disebabkan karena kandungan zat asam pada air aki sudah hilang karena penggunaan yang secara terus-menerus atau faktor usia.  

Cara paling ampuh untuk mengatasi hal ini sangatlah gampang yakni dengan mengganti air aki yang masih baru dan melakukan charger ulang untuk mengembalikan dayanya.

4. Aki memang sudah soak

Jika semua komponen kelistrikan yang sudah kami jelaskan tadi sudah dicek dan kondisinya masih bagus dan tidak ada yang mencurigakan maka kemungkinan besar disebabkan karena kondisi aki memang sudah soak akibat lamanaya pemakian dan faktor umur.

Jadi agar sistem kelistrikan mobil akmu berfungsi kembali maka akamu perlu mengganti aki dengan yang baru. Agar masa pakai lebih lama pilihlah merk aki yang bagus dan pastikan aki yang kamu pilih kapasitas amperenya sesuai kebutuhan mesin mobil kamu.

Demikianlah beberapa penyebab aki mobil tidak mengisi dan tekor yang kerap terjadi pada accu kering dan basah. Semua komponen tentu ada masanya, namun jika rutin merawatnya seperti mengisi air accu saat volumenyaa berkurang atau mencabutnya saat kendaraan tidak dipakai.

, #Penyabab #Aki #Mobil #Tidak #Mengisi #dan #Tekor

Share