Mengonsumsi Madu Setiap Hari Ternyata Berbahaya

Madu sudah lama diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan madu termasuk superfood karena manfaatnya sangat banyak. Bukan hanya untuk Kesehatan tubuh, melainkan juga digunakan dalam merawat kecantikan kulit dan bibir.

Sebagai obat, madu biasanya digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, meredakan batuk dan menyehatkan sistem pencernaan.

Yang menjadi pertanyaan, apakah boleh dikonsumsi setiap hari? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya mengetahui lebih dulu apakah takar jumlah aman mengkonsumsi madu sama dengan gula?

Gula dan madu, sama-sama memiliki rasa manis. Walau begitu, umumnya orang menganggap madu lebih aman ketimbang gula karena merupakan bahan alami.

Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar. Madu memang kaya manfaat tapi jika dikonsumsi berlebihan, madu memiliki efek yang buruk bagi tubuh. Apa saja bahayanya?

Meningkatkan Kadar Gula Darah

Madu memang alternatif terbaik dari gula. Namun Anda harus tahu bahwa madu juga mengandung gula. Bahkan sebuah studi menyatakan bahwa penderita diabetes harus berhati-hati mengonsumsi madu.

Konsumsi madu dalam jangka panjang bisa meningkatkan kadar hemoglobin A1C dalam darah. Kadar hemoglobin A1C tinggi berarti risiko diabetes yang lebih tinggi.

Madu dinilai memiliki efek yang mirip dengan gula meja dan sirup jagung tinggi fruktosa. Dalam penelitian, bahan tersebut meningkatkan kadar trigliserida dan juga mengganggu respons glukosa dengan cara yang sama.

Menaikkan Berat Badan

Mengonsumsi madu setiap hari bisa meningkatkan berat badan. Satu sendok makan madu mengandung sekitar 64 kalori. Kalorinya tinggi dan tergolong sebagai gula tambahan.

Berdasarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), sangat penting menjaga asupan gula harian di bawah 10 persen dari total kalori.

Timbulnya Masalah Pencernaan
Dampak jangka pendek mengonsumsi madu terlalu banyak dapat menimbulkan masalah pencernaan. Seperti kram perut, diare dan perut kembung.

Article by

Haluan Logo

#Mengonsumsi #Madu #Setiap #Hari #Ternyata #Berbahaya
Source : lifestyle.haluan.co

Share