Makanan yang Menyebabkan Perut Kembung

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung, yaitu penumpukan gas dalam sistem pencernaan saat kita makan, minum, atau menelan ludah, kita juga menelan sedikit udara.

Bisa juga saat kamu mencerna makanan, bakteri menghasilkan gas, terutama hidrogen, metana, dan karbon dioksida.

Begitu banyak hal yang bisa membuat perut kembung dan salah satunya adalah makanan. Lantas apa saja makanan yang bisa menjadi penyebab perut kembung?

1. Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang. Foto: Pexel

Meski bermanfaat mencegah berbagai penyakit, kacang-kacangan termasuk makanan penyebab kembung, kandungan serat dalam kacang dapat menghasilkan gas yang nantinya bisa memicu perut kembung.

Selain itu kebanyakan kacang mengandung gula yang disebut alpha galaktosidase yang termasuk ke dalam kelompok karbohidrat fodmap atau oligo di monosakarida dan polio, yang difermentasi sendiri merupakan karbohidrat rantai yang tidak dapat dicerna, namun karbohidrat ini dapat memicu masalah pencernaan seperti kembung pada penderita iritasi usus besar.

2. Sayuran tertentu
Jenis sayuran yang bisa menjadi penyebab perut kembung adalah sayuran seperti brokoli, kembang kol dan kubis, sayuran jenis ini mengandung nutrisi yang dan serat penting.

Namun sayur-sayuran ini juga mengandung yang bisa menyebabkan perut kembung pada beberapa orang, memberikan efek yang menyebabkan lebih banyak cairan ditarik ke dalam usus.

3. Susu dan olahan susu

Ilustrasi susu. Foto: Komoditi.id

Makanan penyebab perut kembung yang mungkin sering kamu konsumsi adalah susu dan produk olahan susu, kondisi yang disebut intoleransi laktosa bisa terjadi, disebabkan karena tubuh kamu tidak bisa mencerna kandungan gula pada produk susu. Bila tidak dicerna dengan baik laktosa dapat memproduksi gas yang bisa mengakibatkan perut kembung dan diare.

4. Apel
Apel termasuk salah satu makanan yang dapat menyebabkan kembung, walaupun kaya akan vitamin sederhana, dapat menghasilkan gas berlebih, karena termasuk dalam fodmap buah lain. Selain itu buah pir dan buah persik juga mengandung zat yang bisa memicu perut kembung.

5. Bawang

Bawang. Foto: Pixabay

Tahukah kamu bahwa bawang bisa menjadi makanan penyebab kembung, penyebab masalah pencernaan ini bermula dari kandungan beberapa zat dalam bawang. Salah satunya serat larut yang dapat menyebabkan peningkatan produksi gas dalam saluran pencernaan. Serat tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh kita, dan bakteri usus menguraikan serat tersebut, menghasilkan gas seperti metana, hidrogen, dan karbon dioksida.

Article by

#Makanan #yang #Menyebabkan #Perut #Kembung
Source : lifestyle.haluan.co

Share