Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip adalah nama dari ponsel yang menarik dengan konsep layar lipat. Dengan konsep ini, Samsung Galaxy Z Flip ingin menawarkan pengalaman ponsel masa depan yang fleksibel dan portabel.

HP Samsung

Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia
Shopee
Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip
  • Rilis Februari 2020
  • Layar 6.7″ Foldable Dynamic AMOLED, HDR10+ ~425 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
  • GPU Adreno 640 (700 MHz)
  • Internal 8/256 GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 3300 mAh, Fast charging 15W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip dan Harganya

Hal yang menarik adalah Samsung Indonesia secara resmi menjual Samsung Galaxy Z Flip di Indonesia. Namun, sebelum membelinya, penting untuk mengenal produk ini terlebih dahulu. Oleh karena itu, kali ini Ponselhub akan membahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip. Berikut ulasannya!

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip memiliki beberapa kelebihan. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel ini? Berikut adalah penjelasannya.

Konsep Desain Lipat yang Menarik

Samsung Galaxy Z Flip menawarkan konsep ponsel lipat yang sangat menarik. Konsep ini menarik karena ponsel lipat dengan model flip pada masa lalu sangat digemari oleh banyak orang. Samsung menghadirkannya kembali dengan konsep lipat dari atas ke bawah.

Sebenarnya, konsep ini bukan yang pertama. Motorola telah melakukannya terlebih dahulu dengan Motor RAZR 2019. Samsung juga memiliki ponsel lipat lain bernama Samsung Galaxy Fold. Namun, konsep perangkat ini lebih mirip tablet lipat daripada ponsel lipat.

Galaxy Z Flip menawarkan konsep lipat yang memungkinkan perangkat menjadi lebih kecil sehingga mudah dimasukkan ke dalam saku. Konsep ini sangat menarik dan membuat banyak orang terkesan dengan Samsung Galaxy Z Flip.

Samsung Galaxy Z Flip memiliki dimensi 167,3 x 73,6 x 7,2 mm. Namun, ketika ponsel ini dilipat, dimensinya menjadi 87,4 x 73,6 x 17,3 mm. Dengan dimensi ini, Galaxy Z Flip terasa seperti perangkat mini yang serba bisa dan praktis. Selain itu, ponsel ini juga ringan dengan bobot hanya 183 gram.

Kualitas Kamera yang Baik

Samsung Galaxy Z Flip tidak hanya menawarkan konsep ponsel lipat, tetapi juga dilengkapi dengan kamera yang layak. Meskipun ponsel ini hanya memiliki dua kamera, kualitasnya tetap baik. Kamera utama memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/1.8, sementara kamera kedua memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/2.2.

Bagaimana kualitas foto dari kamera belakang ponsel ini? Beberapa contoh hasil jepretan kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip menunjukkan bahwa hasilnya bagus. Menurut situs Androidcentral, kualitas kamera Galaxy Z Flip termasuk baik dan hampir sebanding dengan ponsel flagship pada umumnya.

Dalam kondisi pencahayaan yang baik, Galaxy Z Flip mampu mengambil foto dengan detail dan tingkat ketajaman yang baik. Namun, kualitas kamera ini kurang optimal dalam kondisi pencahayaan rendah. Namun, mode malam dapat membantu meningkatkan kualitas foto dalam kondisi cahaya yang kurang.

Jessica Dolcourt dari CNET juga memberikan pendapatnya tentang kamera Galaxy Z Flip. Berdasarkan pengalamannya menggunakan Galaxy Z Flip, Jessica menganggap bahwa kualitas kamera foto dari ponsel ini bagus. Terutama dibandingkan dengan ponsel lipat sejenis seperti Motor Razr.

Menurut Jessica, kehadiran dua kamera belakang pada ponsel ini menghasilkan foto yang lebih baik, terutama dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Selain itu, kamera depan dengan sensor 10 MP juga baik untuk selfie dan panggilan video.

Dua Layar yang Bagus

Samsung Galaxy Z Flip tidak hanya memiliki konsep lipat, tetapi juga konsep dua layar. Layar utama menggunakan panel Dynamic AMOLED dengan ukuran 6,7 inci. Layar ini menawarkan resolusi 1080 x 2636 piksel dan mendukung HDR10+.

Kualitas layar AMOLED Samsung yang bagus sudah cukup terkenal. Namun, yang menarik adalah konsep layar pada ponsel ini. Karena menggunakan konsep lipat, Samsung perlu mempertimbangkan desain lipat yang dapat mempengaruhi kualitas layar.

Oleh karena itu, layar pada ponsel ini menggunakan kaca tipis yang fleksibel. Kaca ini cukup tipis dan diklaim tahan goresan, meskipun hal ini masih bisa diperdebatkan. Ada pengujian ketahanan layar oleh Zack dari saluran YouTube JerryRigEverything seperti yang terlihat dalam video.

Terlepas dari itu, konsep layar lipat pada ponsel ini sangat menarik. Hinge (engsel) pada ponsel ini juga bagus. Menurut Androidcentral, Galaxy Z Flip adalah ponsel lipat pertama yang menawarkan desain, layar, dan engsel yang konsisten dan terasa mantap.

Kembali ke layar, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada layar kedua pada ponsel ini. Layar kedua berada di pojok bawah (ketika dilipat) di sebelah kamera. Layar kedua ini disebut sebagai “cover display” dengan ukuran 1,1 inci. Layar ini menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi 112 x 300 piksel.

Layar kedua ini hadir sebagai notifikasi saja. Tujuannya adalah agar pengguna tidak perlu membuka ponsel hanya untuk melihat notifikasi atau waktu. Konsep ini cukup menarik.

Performa yang Baik

Samsung Galaxy Z Flip dilengkapi dengan chipset Snapdragon 855+. Performa chipset ini tidak perlu diragukan lagi. Banyak ponsel kelas atas lainnya yang menggunakan Snapdragon 855+, seperti ROG Phone II, Black Shark 2 Pro, Realme X2 Pro, dan lainnya.

Ponsel yang menggunakan Snapdragon 855+ dikenal memiliki performa tinggi. Hal ini juga didukung oleh hasil benchmark yang dilakukan oleh situs AndroidAuthority seperti yang terlihat dalam gambar.

Dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB dengan tipe UFS 3.0, performa ponsel ini tidak perlu diragukan lagi. Seperti yang dikatakan oleh situs Engadget, ponsel ini berjalan lancar dan sangat baik untuk multitasking dengan mode layar terbagi.

Daya Tahan Baterai yang Cukup Baik

Samsung Galaxy Z Flip memiliki baterai dengan kapasitas 3.300 mAh. Kapasitas baterai ini mungkin tidak terlalu besar untuk ponsel pintar saat ini. Namun, daya tahan baterainya tergolong baik.

Perlu diketahui bahwa ada dua baterai di dalam ponsel ini. Kapasitas 3.300 mAh merupakan gabungan total dari dua baterai tersebut. Kehadiran dua baterai ini membuat daya tahan baterai ponsel ini lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan satu baterai.

Berdasarkan pengalaman pengguna Androidcentral, daya tahan baterai ponsel ini dapat mencapai 18 jam dengan penggunaan normal. Dalam penggunaan yang intensif, daya tahan baterainya mencapai 13 jam.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan-kekurangan tersebut:

Rentan terhadap Kerusakan Layar

Samsung Galaxy Z Flip memiliki kelemahan pada kekuatan layarnya yang rentan terhadap goresan. Hal ini menjadi masalah potensial yang perlu diperhatikan. Video dari JerryRigEverything telah menunjukkan kelemahan ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pengisian Daya yang Cepat Tidak Tersedia

Samsung Galaxy Z Flip tidak dilengkapi dengan teknologi pengisian daya super cepat. Ponsel ini hanya mendukung fast charging 15W, yang juga ditemukan pada ponsel Samsung kelas menengah seperti Samsung Galaxy A51. Waktu pengisian ponsel ini dapat mencapai 1 jam 45 menit. Durasi pengisian yang relatif lama ini mengingat kapasitas baterai yang kecil.

Masalah Daya Tahan Jangka Panjang

Daya tahan secara keseluruhan juga menjadi kelemahan ponsel ini. Meskipun Samsung mengklaim bahwa Galaxy Z Flip dapat bertahan hingga 5 tahun, masih ada keraguan mengenai durabilitas hinge atau desain bodi secara keseluruhan. Belum ada bukti kuat bahwa ponsel ini dapat bertahan lama.

Layar Kedua yang Terlalu Kecil

Meskipun layar kedua pada Samsung Galaxy Z Flip memiliki fungsi notifikasi, beberapa orang mungkin menganggap layar kedua ini terlalu kecil. Keinginan untuk memiliki layar kedua yang lebih besar mungkin lebih diinginkan.

Harganya Mahal

Samsung Galaxy Z Flip adalah ponsel dengan harga yang tinggi, sehingga tidak terjangkau oleh semua orang. Harganya sekitar Rp21 juta. Meskipun lebih terjangkau daripada Samsung Galaxy Fold yang harganya mencapai Rp30 jutaan, namun harga tersebut masih mahal untuk ponsel yang belum terbukti daya tahannya.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Z Flip adalah ponsel yang menarik dengan konsep lipat yang inovatif. Meskipun memiliki kekurangan-kekurangan, desainnya menarik dan spesifikasinya cukup tinggi. Namun, ponsel ini masih dianggap mahal, dan daya tahannya masih menjadi pertanyaan bagi beberapa orang. Jika Anda tertarik dengan Samsung Galaxy Z Flip, pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sebelum membelinya.

Harga
8/256 GB – Rp 9.900.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Samsung terbaru.

Disclaimer – Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya

, #Kelebihan #dan #Kekurangan #Samsung #Galaxy #Flip

Share