Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20 adalah salah satu seri flagship yang dirilis oleh Samsung pada tahun 2020. HP ini memiliki spesifikasi yang canggih dan fitur-fitur yang menarik. Namun, tidak ada HP yang sempurna.

HP Samsung

Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia
Shopee
Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S20
  • Rilis Maret 2020
  • Layar 6.2 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~563 ppi
  • Chipset Exynos 990 (7 nm+)
  • GPU Mali-G77 MP11
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 64 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide), 0.3 MP (depth)
  • Kamera Depan 10 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S20 dan Harganya

Samsung Galaxy S20 juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Berikut ini adalah ulasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20.

Kelebihan Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20 memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu HP terbaik di kelasnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Samsung Galaxy S20.

Layar Dynamic AMOLED 2X yang Berkualitas

Samsung Galaxy S20 memiliki layar berjenis Dynamic AMOLED 2X yang berukuran 6,2 inci dengan resolusi 1440 x 3200 piksel. Layar ini memiliki kualitas gambar yang tajam, warna yang cerah, dan tingkat kecerahan yang tinggi. Layar ini juga mendukung HDR10+ yang membuat gambar lebih realistis dan kontras. Selain itu, layar ini juga memiliki refresh rate 120 Hz yang membuat gerakan lebih halus dan responsif.

Performa Tangguh dengan Chipset Exynos 990

Samsung Galaxy S20 ditenagai oleh chipset Exynos 990 yang merupakan salah satu chipset terbaik di dunia. Chipset ini memiliki delapan inti prosesor yang terdiri dari dua inti Mongoose M5 berkecepatan 2,73 GHz, dua inti Cortex-A76 berkecepatan 2,5 GHz, dan empat inti Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Chipset ini juga dilengkapi dengan GPU Mali-G77 MP11 yang mampu menghasilkan grafis yang mulus dan detail. Dengan chipset ini, Samsung Galaxy S20 bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game berat dengan lancar.

Memori Besar dan Bisa Ditambahkan MicroSD

Samsung Galaxy S20 memiliki memori internal sebesar 128 GB yang bisa menampung banyak file dan data. Jika Anda merasa kurang, Anda bisa menambahkan kartu microSD hingga kapasitas 1 TB untuk memperluas ruang penyimpanan. Selain itu, Samsung Galaxy S20 juga memiliki RAM sebesar 8 GB yang membuat multitasking lebih cepat dan nyaman.

Kamera Belakang Tiga Buah dengan Resolusi Tinggi

Samsung Galaxy S20 memiliki tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP (wide), 64 MP (telephoto), dan 12 MP (ultrawide). Ketiga kamera ini bisa menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang bagus dan detail. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti zoom optik 3x, zoom hybrid 30x, OIS, EIS, PDAF, HDR, panorama, dan lain-lain untuk meningkatkan hasil jepretan Anda. Anda juga bisa merekam video hingga resolusi 8K dengan kamera belakang ini.

Kamera Depan 10 MP dengan Fitur Autofokus

Samsung Galaxy S20 juga memiliki kamera depan yang cukup baik untuk selfie atau video call. Kamera depan ini memiliki resolusi 10 MP dengan fitur autofokus yang bisa membuat wajah Anda lebih fokus dan jelas. Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur seperti HDR, dual video call, atau live focus untuk membuat selfie Anda lebih menarik. Kamera depan ini juga bisa merekam video hingga resolusi 4K.

Baterai 4000 mAh dengan Fast Charging dan Wireless Charging

Samsung Galaxy S20 memiliki baterai berkapasitas 4000 mAh yang bisa bertahan cukup lama untuk penggunaan normal. Jika baterai habis, Anda tidak perlu khawatir karena Samsung Galaxy S20 mendukung fitur fast charging 25W yang bisa mengisi baterai secara cepat. Selain itu, Samsung Galaxy S20 juga mendukung fitur wireless charging 15W dan reverse wireless charging 9W yang bisa mengisi baterai tanpa kabel atau bahkan mengisi baterai perangkat lain.

Mendukung Jaringan 5G

Salah satu keunggulan Samsung Galaxy S20 adalah dukungannya terhadap jaringan 5G yang merupakan jaringan generasi terbaru dengan kecepatan tinggi. Dengan jaringan 5G, Anda bisa mengakses internet dengan lebih cepat dan stabil. Anda juga bisa menikmati streaming video atau game online tanpa lag atau buffering.

Kekurangan Samsung Galaxy S20

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Samsung Galaxy S20 juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin menjadi pertimbangan bagi Anda. Berikut ini adalah beberapa kekurangan Samsung Galaxy S20.

Harga Mahal

Samsung Galaxy S20 merupakan salah satu HP flagship Samsung yang dibanderol dengan harga cukup mahal. Di Indonesia, harga Samsung Galaxy S20 saat ini berkisar antara Rp13 juta hingga Rp14 juta tergantung dari toko dan penjualnya. Harga ini tentu tidak terjangkau bagi sebagian besar orang.

Desain Biasa Saja

Samsung Galaxy S20 memiliki desain yang tidak terlalu menonjol atau berbeda dari seri-seri sebelumnya. HP ini masih menggunakan bahan kaca pada bagian belakang dan bingkai logam pada sisi-sisinya. HP ini juga masih menggunakan layar berponi atau punch-hole untuk menempatkan kamera depannya. Desain ini mungkin terlihat monoton atau membosankan bagi sebagian orang.

Tidak Ada Jack Audio 3,5 mm

Samsung Galaxy S20 tidak menyediakan jack audio 3,5 mm untuk menghubungkan earphone atau headphone berkabel. Ini artinya Anda harus menggunakan earphone atau headphone nirkabel atau menggunakan adaptor USB Type-C jika ingin mendengarkan musik atau suara dari HP ini.

Tidak Ada LED Notification

Samsung Galaxy S20 tidak memiliki LED notification yang biasanya berfungsi untuk memberitahu Anda jika ada notifikasi masuk seperti pesan, panggilan, email, atau lainnya. LED notification ini cukup berguna untuk memberi tahu Anda tanpa harus membuka layar HP terlebih dahulu.

Fingerprint Sensor Kurang Responsif

Samsung Galaxy S20 menggunakan fingerprint sensor ultrasonik yang tertanam di bawah layar untuk membuka kunci HP dengan sidik jari Anda. Namun, fingerprint sensor ini terkadang kurang responsif atau akurat dalam membaca sidik jari Anda. Anda mungkin harus menempelkan jari Anda lebih lama atau lebih kuat agar fingerprint sensor ini bisa bekerja dengan baik.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S20 adalah HP flagship yang memiliki spesifikasi dan fitur yang canggih dan menarik. HP ini memiliki layar Dynamic AMOLED 2X yang berkualitas, performa tangguh dengan chipset Exynos 990, memori besar dan bisa ditambahkan microSD, kamera belakang tiga buah dengan resolusi tinggi, kamera depan 10 MP dengan fitur autofokus, baterai 4000 mAh dengan fast charging dan wireless charging, dan mendukung jaringan 5G.

Namun, HP ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti harga mahal, desain biasa saja, tidak ada jack audio 3,5 mm, tidak ada LED notification, dan fingerprint sensor kurang responsif. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20, Anda bisa mempertimbangkan apakah HP ini sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Harga
8/128 GB – Rp 8.400.000

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk harga terupdate selengkapnya, kunjungi halaman daftar harga HP Samsung terbaru.

Disclaimer – Ponselhub.com tidak menjamin informasi pada halaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya

, #Kelebihan #dan #Kekurangan #Samsung #Galaxy #S20

Share