Kelebihan dan Kekurangan Poco F2 Pro

Jika sebelumnya Anda pernah bertanya kepada teman, “HP Xiaomi apa yang terbaik?”, jawabannya pasti adalah Pocophone F1. Tidak heran, karena ponsel ini sangat populer pada masanya dengan menggunakan chipset Snapdragon 845 yang merupakan yang terbaik saat itu. Sekarang, ada generasi penerusnya yang disebut Xiaomi Poco F2 Pro, yang menawarkan fitur lebih canggih.

HP Xiaomi

Dapatkan harga terbaik :
Shopee
Tokopedia
Lazada
Spesifikasi Poco F2 Pro
  • Rilis Mei 2020
  • Layar 6.67″ Super AMOLED ~395 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • GPU Adreno 650
  • Internal 6/128GB, 8/256GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (telephoto), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 20 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4700 mAh, Fast charging 30W
  • Harga Rp 5.500.000 – 6.300.000 [Update]

Selengkapnya : Spesifikasi Poco F2 Pro dan Harganya

Ponsel ini telah hadir di pasar Indonesia pada tanggal 16 Juli 2020 dan sangat dinantikan oleh para penggemar Xiaomi. Banyak orang sudah percaya dengan merek Pocophone, sehingga harapannya cukup tinggi untuk HP seharga Rp6.999.000,- ini. Jangan penasaran tentang ponsel ini, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Poco F2 Pro berikut ini.

Kelebihan Poco F2 Pro

Anda penasaran dengan kelebihan-kelebihan Poco F2 Pro yang menarik minat siapa saja? Mari kita lihat beberapa kelebihannya berikut ini! Anda akan mengerti mengapa banyak orang memuji Poco F2 Pro.

Layar Super AMOLED yang Jernih

Bagi Anda yang masih menggunakan ponsel dengan layar panel IPS LCD, Anda pasti akan senang dengan layar Poco F2 Pro. Ponsel ini dilengkapi dengan layar Super AMOLED yang menawarkan kualitas tampilan dan kontras warna yang lebih baik. Layarnya memiliki ukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel.

Layar Poco F2 Pro juga mendukung teknologi HDR10+, sehingga Anda dapat menonton film dengan kualitas tampilan setara dengan TV plasma terbaru. Sensor cahaya pada layar juga dapat menyesuaikan tingkat kecerahan dengan kondisi cahaya di sekitarnya.

Anda tidak akan mengalami kecerahan yang terlalu menyilaukan pada malam hari atau sebaliknya. Jika Anda ingin mengatur tampilan layar, Anda dapat memilih salah satu dari empat skema warna yang tersedia, seperti Enhanced, Original, P3, dan sRGB. Ini adalah kualitas layar ponsel yang sangat baik.

Menggunakan Chipset Terbaik di Kelasnya

Poco F2 Pro dapat melakukan segala aktivitas tanpa kendala. Ponsel Xiaomi ini menggunakan Snapdragon 865 dengan fabrikasi 7nm, sebuah chipset dengan performa terbaik di industri saat ponsel ini diluncurkan.

Dengan pengolah grafis Adreno 650, Anda tidak perlu lagi mengorbankan grafis untuk meningkatkan performa. Anda dapat memainkan game berat seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Fortnite dengan pengaturan grafis terbaik tanpa lag.

Video pengujian dari Fatpubg Mobile menunjukkan bahwa game Fortnite dapat berjalan dengan grafis tinggi dan frame rate 60 FPS. Setiap detik dalam permainan tidak menampilkan lag sama sekali. Jika Fortnite saja berjalan dengan mulus, maka PUBG Mobile dan Mobile Legends pasti akan berjalan lebih baik lagi.

Performa ponsel ini bahkan lebih impresif dibandingkan dengan ponsel flagship terkenal lainnya. Berikut adalah perbandingan benchmark AnTuTu.

Xiaomi Poco F2 Pro mendapatkan skor 569627 yang sangat baik. Bahkan beberapa ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S20 Ultra 5G, Huawei P40 Pro+, dan Apple iPhone 11 Pro Max hanya mendapatkan skor di bawah Poco F2 Pro. Ini membuktikan bahwa ponsel ini menawarkan nilai yang tinggi sesuai dengan harganya.

Mampu Melakukan Perekaman Video 8K

Jika kelebihan sebelumnya lebih disukai oleh para pemain game, sekarang para penggemar fotografi akan senang. Kamera Poco F2 Pro mendukung perekaman video dengan resolusi tinggi, termasuk 1080p, 4K, dan bahkan 8K!

Resolusi 8K ini jarang ditemukan pada fitur kamera ponsel, menunjukkan bahwa Poco F2 Pro benar-benar unik. Jadi, jika Anda seorang pembuat film atau videografer, Poco F2 Pro bisa menjadi pengganti DSLR Anda. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan EIS untuk memastikan rekaman video tetap stabil.

Baterai yang Tahan Lama

Xiaomi Poco F2 Pro mungkin tidak memiliki baterai yang sangat besar seperti 5000 mAh atau 6000 mAh, tetapi jangan salah, ponsel ini dapat digunakan sepanjang hari.

Poco F2 Pro dilengkapi dengan baterai Li-Po non-removable berkapasitas 4.700 mAh. Baterai ini memiliki endurance rating sebesar 120 jam.

Yang menarik, ponsel ini juga dilengkapi dengan charger USB Power Delivery 33 W yang dapat mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 65 menit saja. Menurut situs resmi, ponsel ini dapat bertahan hingga 17 hari dalam mode standby dan dapat digunakan untuk bermain game selama 13 jam. Tahan lama, bukan?

Kamera Selfie Motorized Pop-up

Masih membahas kamera, Poco F2 Pro juga memiliki kamera selfie yang inovatif dan pasti akan Anda sukai. Ketika banyak ponsel menggunakan poni tetesan air atau punch-hole, Poco F2 Pro memiliki kamera depan yang “tersembunyi” dan muncul hanya ketika aplikasi kamera dibuka.

Artinya, Anda dapat menikmati tampilan layar yang bersih tanpa ada gangguan dari lubang kamera. Kamera ini memiliki resolusi 20 MP dengan bukaan f/2.2 dan mampu merekam video slow motion dengan kecepatan 120 FPS. Hasil foto yang dihasilkan juga mengesankan dengan reproduksi warna kulit yang akurat.

Konektivitas Terbilang Lengkap

Di antara banyak ponsel high-end lain yang menghilangkan jack audio 3,5 mm, Poco F2 Pro masih menyertakan port ini. Anda tidak perlu repot membawa adapter ke mana-mana untuk menggunakan headset setiap saat. Selain port audio, Poco F2 Pro juga dilengkapi dengan NFC dan tentu saja infrared.

Infrared memang menjadi salah satu konektivitas yang tidak hilang dari produk Xiaomi. NFC memungkinkan Anda melakukan transaksi digital dengan mudah, sementara infrared memungkinkan ponsel ini berfungsi sebagai remote untuk TV pintar, Mi Box, atau perangkat pintar lainnya.

Selain itu, Poco F2 Pro juga mendukung koneksi 5G dan WiFi 6 dengan kecepatan download hingga 9,6 Gbps atau setara dengan 1,2 GB/s.

Kekurangan Poco F2 Pro

Meskipun Poco F2 Pro menawarkan banyak kelebihan, namun ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan pada ponsel canggih ini.

Tidak Dilengkapi dengan Refresh Rate Tinggi

Meskipun memiliki chipset yang kuat dan layar Full View, Poco F2 Pro masih menggunakan refresh rate standar 60 Hz. Hal ini dapat menjadi kekurangan, karena dengan adanya refresh rate seperti 90 Hz atau 120 Hz, pengalaman menonton film atau bermain game akan menjadi lebih imersif.

Tidak Mendukung Wireless Charging

Poco F2 Pro memiliki baterai yang kuat dan dilengkapi dengan fitur fast charging. Namun, ponsel ini tidak mendukung pengisian daya secara nirkabel (wireless charging). Padahal, fitur wireless charging sudah banyak diperkenalkan pada ponsel canggih terbaru. Dengan fitur ini, pengisian daya menjadi lebih praktis dan tidak perlu repot dengan pengaturan kabel yang rumit.

Kemampuan Zoom yang Terbatas

Kemampuan zoom pada Poco F2 Pro terbilang kurang baik. Beberapa ponsel lain di kisaran harga yang sama sudah memiliki kemampuan zoom yang lebih tinggi, seperti Realme X3 SuperZoom yang dapat melakukan zoom hingga 60 kali. Poco F2 Pro hanya dapat melakukan zoom hingga 2 kali, namun sayangnya bukan zoom lossless. Sehingga, kualitas gambar saat menggunakan zoom akan mengalami penurunan.

Speaker Mono

Poco F2 Pro hanya dilengkapi dengan satu speaker di bagian bawah bodi. Hal ini menjadi kekurangan, mengingat beberapa ponsel lain sudah menggunakan dual stereo speaker. Kualitas suara yang dihasilkan juga terdengar standar. Anda tidak akan dapat mendengarkan bass dengan kualitas yang baik saat mendengarkan musik, menonton video di YouTube, atau konten di TikTok.

Kesimpulan

Poco F2 Pro memiliki banyak keunggulan yang patut dipertimbangkan, terutama dengan kehadiran Snapdragon 865 dan kamera pop-up bermotor yang unik. Secara keseluruhan, ponsel ini merupakan generasi lanjutan yang layak dari Pocophone F1.

Poco F2 Pro adalah salah satu pilihan terbaik dari Xiaomi untuk bermain game, selain dari lini Black Shark. Jika Anda ingin meng-upgrade dari ponsel lama dengan layar IPS LCD, ini juga merupakan kesempatan untuk mencoba layar Super AMOLED. Jadi, apakah Anda tertarik?

, #Kelebihan #dan #Kekurangan #Poco #Pro

Share