Jenis Bolu Khas Indonesia, Enaknya Bikin Ketagihan

Bolu adalah jenis kue panggang yang terbuat dari tepung terigu, gula, dan telur. Rasanya yang manis dan strukturnya yang lembut membuat lidah nyaman melumatnya

Kue ini secara global dikenal dengan istilah cake. Setiap negara punya cake dengan corak negara masing-masing, tidak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia, kue bolu punya ciri khas masing-masing di tiap kota atau provinsi.

Penamaan kue bolu di Indonesia pun berbeda di setiap daerah. Kue bolu dari beberapa daerah di Indonesia diuraikan berikut ini sebagaimana dikutip dari beberapa sumber.

Bolu peca dari Bugis

Bolu peca dari Bugis. Foto: Cookpad.

Di daerah Bugis, bolu peca biasanya disajikan saat ada acara resmi seperti pernikahan atau pesta sejenisnya. Bolu peca memiliki rasa yang sangat manis karena cairan gula merah yang menjadi ciri khas bolu ini. Bolu ini terbuat dari tepung ketan putih lalu dicampur dengan cairan gula merah sebagai kuah.

Bolu koja dari Bengkulu

Bolu koja dari Bengkulu. Foto: Youtube.

Bolu koja khas Bengkulu merupakan sebuah jenis kue basah tradisional. Bolu ini memiliki tekstur yang padat dan lembab. Bolu ini umumnya berwarna hijau hasil dari campuran daun suji dan daun pandan. Bolu koja Bengkulu ini mirip brownies.

Bolu klemben dari Banyuwangi

Bolu klemben dari Banyuwangi. Foto: Tribunnews.

Bolu klembem dari Banyuwangi juga memiliki ciri khas. Teksturnya kasar di luar, tetapi lembut di dalam. Rasanya manis, enak, dan gurih. Bolu ini dibuat dengan menggunakan cetakan sehingga hasil bolunya berbentuk seperti buah kedondong.

Bolu meranti dari Medan

Bolu meranti dari Medan. Foto: Grid.id.

Di Medan ada jenis bolu yang berbentuk bolu gulung. Bolu ini disebut bolu meranti yang merupakan oleh-oleh khas Medan. Bolu ini berbahan dasar terigu dan telur.

Bolu kemojo dari Riau

Bolu kemojo dari Riau. Foto: Mediapijar.

Riau juga memiliki bolu yang khas. Bolu kemojo yang berbentuk seperti bunga kamboja. Kue ini manis dan memiliki tekstur yang berwarna hijauh cerah.

Article by

#Jenis #Bolu #Khas #Indonesia #Enaknya #Bikin #Ketagihan
Source : lifestyle.haluan.co

Share