Cara Membuat Shortcut Keyboard pada Windows 10 – Pastinet

[ad_1]

Shortcut Keyboard windows, Pastinet – Secara Singkat Shortcut Merupakan Tombol cepat atau Pintasan yang digunakan untuk menjalankan Sebuah aplikasi yang Terinstal pada Komputer.

Dengan Menggunakan Shortcut kita dipermudah dalam menjalankan sebuah aplikasi tanpa menggunakan mouse.

Pada Kesempatan kali ini kita akan Belajar cara membuat sebuah Shortcut Keyboard untuk menjalankan sebuah aplikasi tertentu yang ada pada Komputer dengan cepat tanpa menggunakan Mouse. Kita Mulai dengan cara yang pertama :

Cara 1: Membuat Shortcut Di Desktop / Home Screen

– Pertama buka CMD (Command Prompt) atau dengan menekan Tombol Berlogo Windows lalu ketikkan “cmd” setelah itu klik kanan dan pilih Run As administrator. Lihat gambar Berikut :

– Jika sudah terbuka Ketik “explorer shell:AppsFolder” (tanpa tanda petik) di Command Prompt lalu tekan enter. Kemudian akan muncul jendela baru dengan daftar aplikasi kamu. Klik kanan pada sebuah aplikasi kemudian pilih “Create shortcut”.

– Klik tombol Yes.

Kemudian Windows akan membuat sebuah shortcut di desktop.

– Kemudian klik kanan pada ikon shortcut yang tadi baru kamu buat (Berada di Layar Utama Komputer), lalu pilih “Properties”.

– Kemudian masukkan tombol kombinasi yang kamu inginkan pada kolom “Shortcut key”. Kombinasinya harus diawali dengan CTRL + Alt + huruf / angka. Dalam contoh kali ini saya menggunakan Ctrl + Alt + M. Kalian dapat Mengkreasikan Dengan Tombol lain Sesuai Keinginan Kalian.

– Klik tombol OK.

Catatan: Pastikan Kombinasi Tombol Shortcut yang kalian pilih tidak Double dengan shortcut Aplikasi lain. Misalnya ketika kamu Sedang Membuka Aplikasi Photoshop Lalu ingin Membuka Aplikasi  lain dengan Shortcut Keyboard yang kamu buat menggunakan Shortcut Keyboard Kombinasi “Ctrl + Alt + I”, maka Photoshop akan memanggil menu resize bukan Aplikasi yang kamu maksud.

Baca Lagi : Cara Mudah Membuka Registry Editor Pada Windows

Cara 2: Menggunakan Start Menu (Tanpa Membuat Icon di Home Screen)

Cara kedua adalah dengan Start Menu. Cara ini Berfungsi membuat Shortcut keyboard tanpa Membuat Icon Shortcut pada Home Screen atau Layar Utama, Caranya :

     – Buka Start Menu.

     – Klik “All apps” untuk menampilkan semua aplikasi yang terinstall di komputer kamu.

    – Klik kanan pada aplikasi yang diinginkan, lalu pilih “Open file location”.

     – Klik kanan pada ikon shortcut, kemudian pilih “Properties”.

     – Lalu masukkan kombinasi tombol pada kolom “Shortcut key”. (Seperti Cara Pertama).

     – Klik OK.

Selesai, kini kamu bisa membuka aplikasi favorit kamu dengan cepat menggunakan Shortcut Keyboard windows yang baru saja kamu buat dengan cepat.

Semoga bermanfaat !

 

#Cara #Membuat #Shortcut #Keyboard #pada #Windows #Pastinet

Source pastinet.com

Share