Biaya Ganti Seher Beat FI di Bengkel Ahass dan Biasa

Untuk menjaga performa mesin penggantian oli perlu dilakukan secara rutin setidaknya 2 sampai 3 bulan sekali, dan pastikan menggunakan pelumas sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin. Penggantian oli yang selalu telat membuat suara mesin terdengar kasar dan parahnya menjadi penyebab seher macet atau ngancing.

Fungsi utama seher atau piston adalah menerima tekanan pembakaran dan meneruskan ke connecting rod untuk menghasikan tenaga mesin. Saat terjadi kerusakan secara tidak langsung akan membuat performa mesin terganggu dan menyebabkan motor kamu ngebul.

Biaya ganti seher beat fi

Meski harga seher terbilang murah, biaya mengganti seher terbilang cukup mahal. Ini karena letak seher yang berada dibagian utama mesin, sehingga untuk menggantinya semua ruang mesin ikut terbongkar atau istilahnya turun mesin.

Dari beberapa pengalaman ongkos ganti piston matik beat berbeda antara bengkel satu dengan bengkel lainya tergantung dimana kamu melakukan perbaikan baik di bengkel resmi Ahass atau biasa pinggir jalan.

Biaya ganti seher beat di bengkel resmi ahass

Ongkos ganti seher beat di bengkel resmi Honda sekitar Rp 300.000 dengan waktu pengerjaan 2 hingga 3 hari. Ongkos servis ini berlaku untuk semua matic beat karbu, ESP, FI, dan Beat Street. Biaya tersebut belum termasuk pembelian seher, oli mesin dan komponen lain jika ada kerusakan.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Biaya ganti seher beat di bengkel biasa atau umum

Bengkel biasa masih menjadi pilihan masyarakat kita untuk melakukan servis kendaraan bermotor termasuk penggantian seher. Selain lebih murah bengkel biasa banyak dijumpai dipinggir jalan bahkan dalam kampong sekalipun.

Sementara untuk ongkos ganti seher atau piston Honda Beat FI di bengkel umum sekitar Rp 200.000 belum termasuk ganati oli dan komponen lainya 

Pilihlah bengkel bisa yang memiliki mekanik berpengalaman mengingat penggantian seher merupakan jantung dari mesin motor kamu. 

Harga Seher Honda Beat

Seher Beat umunya dijual sebagai sparepart satuan sudah satu paket dengan ring piston dan pin piston. Sementara untuk harga berbeda-beda tergantung ukuran seher serta tipe motor yang digunakan.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru…Mana Yang Unggul

Harga Seher Beat Ori Honda Genuine Part :

Beat FI Kode 13101KZLC30 Rp 55.000

Beat  FI (Piston Kit) Kode 131A1KZL305 Rp 108.500

Beat eSP New Kode 13101K81N00 Rp 71.000

New Beat Sporty eSP & New Beaat POP eSP Kode 13101K81P00 Rp 65.000

Beat Karbu Kode 13101K0JP00 Rp 73.000

Beat Karbu (Piston Kit) Kode 131A1KVY960 Rp 119.000

Harga Seher Beat Merk Lain

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Jika harga park originalnya lebih mahal kamu bisa menggunakan seher lain dengan ukuran dan standar yang sama dengan aslinya. Berikut beberapa rekomendasi merk seher Honda Beat yang bisa kamu pilih.

NNP Piston Kit Beat FI Rp 83.000

FIM Piston Kit Beat Esp Rp 135.000

ITI Piston Kit Beat Karbu Rp 58.500

Aspira Piston Kit Beat Aspira Rp 90.000

Penyebab Seher Beat FI Cepat Rusak

Sama halnya dengan komponen lain seher juga perlu diganti setelah jarak tempuhnya mencapai 50.000 Km atau 5 tahun. Karena pada masa tersebut kondisi seher sudah tidak prima dan aus sehingga membuat performa mesin menurun.

Selain faktor usia, seher bisa mengalami kerusakan lebih dini yang diakibatkan karena beberapa penyebab, diantaranya sebagai berikut :

Penggantian oli yang selalu telat

Penyebab pertama yang sering menjadi penyebab motor tahun muda turun mesin untuk mengganti seher adalah penggantian oli yang selalu telat sehingga fungsi oli sebagai pelumas hilang. Parahnya jika ini terus dibiarkan jumlah oli akan berkurang dan parahnya dapat membuat seher ngancing dan macet karena kehabisan pelumas.

Idealnya penggantian oli bisa kamu lakukan setelah jarak tempuh motor 4.000 km dan pastikan menggunakan oli sesuai spesifikasi mesin motor kamu.

Menggunakan seher tidak sesuai standar

Untuk meningkatkan performa mesin dalam hal kecepatan tak sedikit yang mengganti seher standar dengan saher racing. Meski membuat lari motor lebih kencang pengguaan seher yang tidak standar pabarik justru menyebabkan benturan antara piston dan klep, sehingga jangka panjangnya bisa merusak piston.

Untuk kebutuhan balap menggunakan seher modifikasi memang tidak masalah, hanya saja jika motor buat aktifitas sehari-hari kami sarankan jangan.

Naah temen-temen demikianlah informasi seputar biaya ganti seher beat fi di bengkel ahass dan biasa yang bisa kamu pilih salah satu. Meski lokasinya dipingir jalan jika ditangani mekanik berpengalaman bukan tidak mungkin hasil servisanya akan memuaskan.

, #Biaya #Ganti #Seher #Beat #Bengkel #Ahass #dan #Biasa

Share